Kepala Bappenas Beberkan Tantangan Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyampaikan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di berbagai negara mengalami kemunduran. Hal ini sebagai dampak pandemi Covid-19.

Di hadapan para delegasi Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung, Suharso juga menyampaikan, pasca pandemi Covid-19 pun pembangunan berkelanjutan di berbagai negara pun tidak lantas berjalan dengan optimal.

taboola mid article

“Kami menyepakati bahwa terdapat kemunduran dalam pertumbuhan ekonomi dan pencapaian SDGs (sustainable development goals) karena tantangan pembangunan yang sedang berlangsung,” ujar Suharso, dikutip pada Jumat (9/9).

Dia merinci, beberapa tantangan tersebut antara lain adalah pemulihan pasca-pandemi Covid-19 yang masih rentan, perubahan iklim, kepunahan keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ketahanan pangan, dan stagnasi ekonomi.

Sementara itu, pada Kamis (8/9) sore, seluruh delegasi Development Ministerial Meeting (DMM) G20 menyepakati dua isu besar yang nantinya akan disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) di Bali pada November. Dua kesepakatan tersebut yaitu peta jalan keberlangsungan pembangunan dan biaya pencampuran (blended finance).

Suharso menyampaikan dua isu tersebut saling relevan sebab merencanakan sebuah pembangunan yang berkelanjutan membutuhkan pembiayaan besar.

Sumber : merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only