Jokowi: Uang APBN Kita Kumpulkan dari Pajak, Kok Belanjanya Produk Impor?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung penggunaan anggaran negara maupun swasta untuk pembelian produk impor. Jokowi menyesalkan dana yang dikumpulkan dari pendapatan negara malah dibelanjakan produk asing.

Awalnya, kepala negara menanyakan realisasi penggunaan APBN, anggaran daerah, maupun BUMN apakah dibelanjakan untuk produk dalam negeri atau asing.

taboola mid article

“Berkaitan dengan penggunaan produk dalam negeri. Enggak pernah kita urus itu. APBN itu belinya barang impor atau barang kita sendiri sih? Pemda itu belinya barang impor atau barang kita sendiri produk dalam negeri? BUMN apakah beli produk impor atau produk dalam negeri. Swasta-swasta tetapi kita belum masuk ke sana,” kata Jokowi dalam acara Investor Daily Summit 2022 di JCC Senayan, Jakarta, (11/10).

Setelah ditelusuri, Jokowi heran anggaran negara malah dibelanjakan produk impor. Padahal anggaran yang diperoleh berasal dari pajak.

“Setelah kita urus, loh loh loh kok yang banyak beli barang impor, ini uang APBN APBD yang kita kumpulkan dari pajak, dari royalty, dari bea ekspor, dari penerimaan negara bukan pajak, bersusah payah kita kumpulkan, terkumpul, kemudian kita belanjakan belanjanya produk-produk impor. Bener? Endak. Sama sekali gak benar,” ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi sudah mengarahkan agar anggaran negara dibelanjakan untuk produk dalam negeri. Institusi maupun pemda mesti berkomitmen membelanjakan produk lokal.

“Inilah yang sekarang kita arahkan juga. Dan sudah sekarang kita pakai komitmen. Kementerian komitmennya, kementerian A komitmen berapa triliun, pemda A berapa triliun, pemda B berapa triliun. Komitmen komitmen. Terkumpul 950 triliun. Komitmen untuk beli produk dalam negeri,” ucapnya.

Sumber : merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only