Senangnya Jadi Investor IKN, Tax Holiday 30 Tahun dan Supertax Deduction 350 Persen

Jakarta – Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN Nusantara), Donny Rahajoe mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif khusus bagi investor di Ibu Kota Nusantara.

Badan Otorita IKN memiliki kewenangan khusus untuk memberikan kepastian investasi di Nusantara. Sehingga pengusaha mendapatkan kepastian hukum dari pintu khusus.

Donny pun memastikan insentif khusus ini berbeda dengan pengusaha yang berinvestasi di wilayah lain, termasuk di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“IKN ini insentifnya berbeda dengan insentif biasa yang misalnya di KEK atau di kawasan-kawasan lain,” kata Donny seperti ditulis, Selasa (25/10/2022).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono. Ia mengatakan ada skema insentif khusus bagi investor di IKN Nusantara. Relaksasi tersebut berlaku untuk kebijakan fiskal dan nonfiskal.

“Kami sedang menyelesaikan rancangan peraturan pemerintah (RPP) yang akan memberikan berbagai insentif fiskal dan nonfiskal untuk mereka yang akan berinvestasi di IKN Nusantara,” katanya dikutip dari Belasting.id, pada Selasa (25/10/2022).

Bambang Susantono menjelaskan salah satu pengaturan dalam RPP insentif IKN adalah pembebasan dari kewajiban membayar pajak atau tax holiday. Skema tax holiday di IKN Nusantara memiliki waktu yang lebih panjang dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Penetapan jangka waktu tax holiday di IKN Nusantara akan disesuaikan dengan jenis investasi. Periode paling lama tax holiday diberikan selama 30 tahun untuk investasi pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas pelayanan umum.

“Saya ambil contoh tax holiday untuk infrastruktur dan layanan umum dengan nilai investasi minimal Rp10 miliar, kita kawal akan diberikan tax holiday selama 30 tahun, ini lebih panjang dari daerah lain,” paparnya.

Selanjutnya, investasi pada pembangunan fasilitas ekonomi seperti pusat perbelanjaan dan gedung pertemuan atau konferensi/MICE ikut mendapatkan fasilitas tax holiday. Namun periode libur bayar pajak berlaku 20 tahun atau lebih rendah dibandingkan investasi pada infrastruktur.

Selain itu, masih ada fasilitas fiskal lainnya yang ditawarkan oleh pemerintah untuk investor IKN. Bagi investasi pada kegiatan penelitian dan pengembangan atau Litbang diberikan fasilitas supertax deduction hingga 350 persen atas biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan riset di IKN Nusantara.

“Mereka yang sumbang kegiatan Litbang di bidang tertentu diberikan supertax deduction 350 persen, Semua ini akan dituangkan dalam RPP IKN yang sudah tahap finalisasi,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Sosok tersebut yakni Bambang Susantono didampingi Dhony Rahajoe sebagai wakil. Bambang Susanto bukan orang baru di pemerintahan.

liputan 6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only