AS dan Eropa Lesu, Asia-Pasifik Akan Dominasi Pertumbuhan Ekonomi Global 2023

JAKARTA – Asia-Pasifik diyakini akan mendominasi pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan. S&P Global Market Intelligence memperkirakan kawasan ini akan mencapai pertumbuhan riil sekitar 3,5% pada 2023, sementara Amerika serikat (AS) dan Eropa kemungkinan akan menghadapi resesi.

“Asia-Pasifik, yang menghasilkan 35% dari PDB dunia akan mendominasi pertumbuhan global pada 2023, didukung oleh perjanjian perdagangan bebas regional, rantai pasokan yang efisien, dan biaya yang kompetitif,” ungkap S&P dalam catatannya yang dilansir CNBC, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Gempuran Resesi Global, Indonesia Optimistis Bertahan

S&P memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk produk domestik bruto (PDB) riil global sebesar 0,6 persen poin dari perkiraan bulan lalu sebesar 2% menjadi 1,4% pada tahun 2023. Angka itu menunjukkan penurunan tajam dari pertumbuhan global sebesar 5,9% pada tahun 2021 dan bahkan lebih rendah dari 2,8% yang diperkirakan S&P untuk tahun ini.

Sementara pandangan negatif di luar Asia-Pasifik membayangi ekonomi global secara keseluruhan, S&P memperkirakan dunia kemungkinan akan dapat menghindari resesi langsung.

“Dengan pertumbuhan moderat di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika, ekonomi dunia dapat menghindari penurunan, tetapi pertumbuhan akan menjadi minimal,” kata Direktur Eksekutif Riset Ekonomi, S&P Global Market Intelligence Sara Johnson.

“Kondisi ekonomi global terus memburuk karena inflasi tetap tinggi dan kondisi pasar keuangan mengetat,” katanya, menambahkan bahwa Eropa, AS, Kanada, dan sebagian Amerika Latin – kemungkinan akan mengalami resesi dalam beberapa bulan mendatang.

S&P menambahkan bahwa Asia Tenggara dan India akan mendapat keuntungan dari diversifikasi perdagangannya yang “jauh dari daratan China.” Dalam masa volatilitas pasar, India telah diuntungkan dari memiliki ekonomi outlier dan melihat pertumbuhan yang relatif kuat.

Data dari Peta Panas Rantai Pasokan CNBC menunjukkan China kehilangan lebih banyak dominasi manufaktur dan ekspornya, secara signifikan didorong oleh kebijakan nol-Covid-nya.

Mengingat ekspektasinya terhadap moderasi inflasi dan pelonggaran kebijakan moneter di tahun-tahun mendatang, S&P menyatakan pihaknya memperkirakan PDB riil global akan meningkat menjadi 2,8% pada tahun 2024 dan 3,0% pada tahun 2025.

sindonews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only