Perkuat Industri Semikonduktor, Taiwan Siapkan Insentif Pajak Baru

Pemerintah Taiwan berencana memberikan insentif pajak baru untuk menarik investasi pada pengembangan dan produksi semikonduktor.

Menteri Perekonomian Taiwan Wang Mei Hua mengatakan insentif pajak diperlukan untuk menjaga keunggulan dan daya saing Taiwan pada sektor tersebut.

“Kementerian Perekonomian akan mengusulkan amandemen Undang-Undang Inovasi Industri untuk memperkenalkan insentif pajak baru dan kebijakan untuk memperkuat industri,” katanya, dikutip pada Senin (31/10/2022).

Wang menuturkan revisi atas UU Inovasi Industri tersebut akan diusulkan kepada parlemen pada akhir November 2022.

Selain insentif pajak, lanjutnya, pemerintah juga menyiapkan ketentuan khusus guna menarik para profesional industri semikonduktor yang berbasis di AS untuk bekerja di Taiwan.

Menurut Wang, aturan khusus itu bertujuan untuk mencegah pekerja sektor industri semikonduktor Taiwan pindah ke China. Sebab, banyak perusahaan China selama ini yang merekrut para pekerja dari Taiwan dengan menawarkan gaji dan jabatan yang lebih tinggi.

“Pemerintah akan mengembangkan strategi untuk membantu perusahaan semikonduktor tumbuh sekaligus mempertahankan keunggulan Taiwan pada sektor tersebut,” ujar Premier Taiwan Su Tseng Chang seperti dilansir focustaiwan.tw.

Sebagai informasi, Taiwan merupakan salah satu negara produsen semikonduktor terbesar di dunia. Kontribusi Taiwan itu mencapai 20% terhadap kapasitas produksi semikonduktor global, sekaligus menjadi yang tertinggi ketimbang negara-negara lain.

Sebanyak 92% dari semikonduktor tercanggih di dunia merupakan semikonduktor yang diproduksi di Taiwan, utamanya berasal dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only