KTT G20 Bawa Semangat Tekan Emisi Global, Masyarakat Diminta Bijak Gunakan BBM

Jakarta Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika, Iwan Bento Wijaya, meminta masyarakat bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Tujuannya, guna menekan produksi emisi global yang menjadi salah satu fokus saat KTT G20. 

“Pada KTT G20 isu menekan angka emisi global dibicarakan sangat serius hingga para negara yang terlibat pada KTT G20 menerapkan pajak karbon termasuk Indonesia dengan pengesahan UU Harmoniasi Perpajakan,” kata Iwan saat pidato pembuka giat Jalan Sehat dan Senam Zumba dalam rangka menyambut perhelatan KTT G20 di Denpasar, Bali, Minggu (6/11/2022). 

Dia menjelaskan, pajak karbon adalah semangat baru dalam menjaga kebersamaan antara pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat. Dia meyakini, melalui pajak karbon, akan ada pergeseran budaya secara signifikan di mana pelaku usaha dan masyarakat bersama dengan pemerintah melalukan upaya atau sikap tindak usaha dan kesehariannya dengan mengurangi aktifitas yang menimbulkan pembuangan karbon secara besar.  

“Upaya ini menciptakan sebuah pasar baru yang merupakan trading karbon. Trading karbon merupakan “new market” dalam sebuah negara memberikan reward atau lisensi kepada pelaku usaha dalam menekan pembuangan karbon dengan memberikan lisensi sehingga lisensi itu dapat di-trading-kan di pasar lokal hingga pasar dunia kepada pelaku usaha yang sistem produksi usahanya belum memenuhi ambang batas pembuangan emisi,” jelas Iwan.

Sementara itu, Ketua Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Bali, Esa Alam mengatakan, giat yang diselenggarakan oleh Kesatria Muda Respublika adalah bentuk memperkokoh persatuan masyarakat bali menyongsong KTT G20. 

“Giat jalan sehat dan senam zumba ini terselenggara dengan maksud mengajak masyarakat Bali untuk bersama memperkokoh persatuan dan menyambut meriah perhelatan KTT G20 pada November ini,” dia menandasi. 

Sebagai informasi, kegiatan terkait diikuti oleh berbagai macam keterwakilan, mulai dari mahasiswa yang berada di Bali, kelompok cipayung serta masyarakat setempat. 

Selain membawa semangat persatuan, giat ini juga menyuarakan pemahaman mengenai pentingnya masyarakat bijak dalam menggunakan BBM. 

Indonesia mengambil alih kepemimpinan negara-negara kelompok G20 dari Italia. Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyerahkan kepemimpinan G20 secara simbolis dengan menyerahan palu kepemimpinan kepada Presiden Joko Widodo.

Sumber: Liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only