125 Miliarder Dunia Jadi Penyumbang Emisi Karbon Sejuta Kali Lebih Banyak

Hasil penelitian Oxfam International mencatat, 125 miliarder di dunia paling ikut bertanggung jawab dengan tingginya emisi karbon dunia. Sebab, para miliarder ini menyumbang rata-rata tahunan 3 juta ton emisi karbon dioksida per tahun. Angka ini lebih dari satu juta kali rata-rata orang dari 90 persen warga biasa di bumi.

Dilansir The Wire, dalam laporan Oxfam berjudul ‘Miliarder Karbon: Emisi investasi orang-orang terkaya di dunia’ menyebutkan, orang super kaya memiliki saham kolektif senilai USD 2,4 triliun di 183 perusahaan. Kemudian secara kumulatif, 125 miliarder ini mendanai 393 juta ton CO2e (setara karbon dioksida) per tahun, yang setara dengan emisi karbon tahunan Prancis, negara berpenduduk 67 juta orang.

taboola mid article

“Emisi dari gaya hidup miliarder, karena seringnya mereka menggunakan jet pribadi dan kapal pesiar, ribuan kali lipat dari rata-rata orang, yang sama sekali tidak dapat diterima. Tetapi jika kita melihat emisi dari investasi mereka, maka emisi karbon mereka lebih dari satu juta kali lipat,” kata Nafkote Dabi, Pemimpin Perubahan Iklim di Oxfam International.

Laporan tersebut juga menyebutkan bila investasi para miliarder di industri yang menimbulkan polusi seperti bahan bakar fosil dan semen mencapai dua kali lipat rata-rata. Mereka masuk dalam kelompok Standard and Poor yang terdiri dari 500 perusahaan.

Tercatat hanya satu miliarder dalam sampel penelitian yang memiliki investasi di perusahaan energi terbarukan.

Laporan tersebut mengatakan bahwa angka sebenarnya kemungkinan akan lebih tinggi lagi, karena emisi karbon yang diterbitkan perusahaan “telah terbukti secara sistematis meremehkan tingkat sebenarnya dari dampak karbon”. Laporan itu juga tidak termasuk data miliarder dan perusahaan yang tidak mengungkapkan emisi mereka secara terbuka.

“Untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif, masing-masing miliarder ini harus mengelilingi dunia hampir 16 juta kali dengan jet pribadi untuk menciptakan emisi yang sama,” kata laporan itu.

Dibutuhkan 1,8 juta sapi untuk mengeluarkan tingkat CO2e yang sama seperti masing-masing dari 125 miliarder. Hampir empat juta orang harus menjadi vegan untuk mengimbangi emisi masing-masing miliarder.

“Tanggung jawab utama dan berkembang dari orang kaya untuk emisi keseluruhan jarang dibahas atau dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan iklim. Ini harus berubah. Investor miliarder di puncak piramida perusahaan ini memiliki tanggung jawab besar untuk mendorong kerusakan iklim. Mereka sudah terlalu lama lolos dari pertanggungjawaban,” kata Amitabh Behar, CEO Oxfam India.

Studi ini menemukan bahwa jika miliarder ini memindahkan uangnya ke investasi berstandar lingkungan dan sosial yang lebih kuat, itu dapat mengurangi intensitas emisi mereka hingga empat kali lipat.

Pada tahun 2021, Oxfam mengungkapkan bahwa menggunakan lahan saja untuk menghilangkan emisi karbon dunia untuk mencapai nol bersih pada tahun 2050 akan membutuhkan setidaknya 1,6 miliar hektar hutan baru, area yang setara dengan lima kali luas India.

“Kami membutuhkan COP27 untuk mengekspos dan mengubah peran yang dimainkan oleh perusahaan besar dan investor kaya mereka dalam mengambil untung dari polusi yang mendorong krisis iklim global. Mereka tidak bisa dibiarkan bersembunyi atau mencuci hijau. Kami membutuhkan pemerintah untuk mengatasi ini segera dengan menerbitkan angka emisi untuk orang-orang terkaya, mengatur investor dan perusahaan untuk memangkas emisi karbon dan mengenakan pajak kekayaan dan polusi investasi,” kata Dabi.

Oxfam juga memperkirakan bahwa pajak kekayaan atas orang-orang super kaya di dunia dapat meningkatkan USD 1,4 triliun per tahun, sumber daya vital yang dapat membantu negara-negara berkembang. Di mana kondisi yang paling parah terkena krisis iklim, untuk beradaptasi, mengatasi kerugian dan kerusakan, serta melakukan transisi yang adil ke energi terbarukan.

Menurut Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), biaya adaptasi untuk negara-negara berkembang dapat meningkat menjadi USD 300 miliar per tahun pada tahun 2030. Afrika saja akan membutuhkan USD 600 miliar antara tahun 2020 dan 2030. Oxfam juga menyerukan tarif pajak yang jauh lebih tinggi untuk investasi di industri yang berpolusi untuk mencegah investasi semacam itu.

“Orang super kaya perlu dikenakan pajak dan diatur jauh dari polusi investasi yang menghancurkan planet ini. Pemerintah juga harus menerapkan peraturan dan kebijakan ambisius yang memaksa perusahaan untuk lebih akuntabel dan transparan dalam melaporkan dan secara radikal mengurangi emisi mereka,” kata Behar.

Konferensi Para Pihak (COP) edisi ke-27 untuk UNFCCC dibuka hari Minggu di Sharm El-Sheikh, Mesir. Negosiasi dijadwalkan akan berakhir pada 18 November.

Sumber: merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only