Ini yang Bikin Sulit RI Capai Target Nol Emisi Karbon

Pemerintah menargetkan net zero emission atau target netral karbon pada 2060. Setidaknya, diperlukan akselerasi sistem dan juga memperkaya kerangka kerja dalam transisi energi.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasyid mengatakan untuk mencapai ini diperlukan roadmap yang berbeda untuk setiap sektor dan skala usaha.

“Kita sebagai negara berkembang memang ingin menuju kesana, tetapi yang harus dipahami pemetaannya berbeda-beda setiap negara,” kata Arsjad dalam diskusi Indonesia Net Zero Summit : Industrial Decarbonization at All Cost, Kamis (10/11/2022).


Menurutnya target tersebut bisa tercapai lebih cepat asalkan ada modal yang kuat. Di sini menurutnya peran negara maju untuk mendukung negara berkembang mencapai target tersebut.

“Ini suara yang sama dari India dan Brazil untuk mencapai titik equilibirium. Jadi cara pemetaannya berbeda. Untuk transisi harus ada financing yang harus didukung oleh modal bisa dengan negara kaya membantu yang miskin,” tambahnya.

Dia pun menampik anggapan dunia usaha tidak berkomitmen terhadap pajak karbon. Menurutnya harus ada persiapan matang dalam menentukan pajak karbon karena setiap sektor memiliki jejak karbon berbeda termasuk dari sisi skala usahanya.

cnbc

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only