Ada Cara Baru Urus NPWP yang Hilang

Jakarta. Kehilangan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tak perlu panik. Pasalnya tata cara mengurusnya mudah dan sangat sederhana karena bisa dilakukan secara offline maupun online.

Cara terbaru jika kehilangan NPWP bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Seperti diketahui mulai 1 Januari 2024, NPWP format baru menggunakan NIK mulai diterapkan secara menyeluruh pada layanan administrasi perpajakan.

Untuk cara ini, wajib pajak dapat melakukan pemadanan NIK dan NPWP di laman pajak.go.id. Caranya login dengan menggunakan 16 digit NIK sesuai KTP dan gunakan kata sandi yang sesuai, lalu masukkan kode keamanan yang tersedia.

Jika data yang kamu masukkan benar, pada layar akan muncul dashboard profil. Itu artinya, login NPWP menggunakan NIK telah berhasil!

Jika belum dapat login menggunakan NIK, segera lakukan pemutakhiran data secara mandiri dengan memeriksa dan melengkapi data profil yaitu NIK/NPWP, alamat email, nomor HP, klasifikasi lapangan usaha, serta data anggota keluarga sesuai kondisi saat ini agar dapat mengakses layanan perpajakan menggunakan NPWP.

“Jika belum dapat login menggunakan NIK, buka situs www.pajak.go.id lalu tekan login. Masukkan 15 digit NPWP, gunakan kata sandi yang sesuai dan masukkan kode keamanan yang tersedia, lalu tekan login. Buka menu profil, masukkan NIK sesuai KTP, cek validitas NIK dan ubah profil. Logout/keluar dari menu profil, lalu coba login kembali menggunakan NIK,” tulis penjelasan DJP di laman resminya, Jumat (8/9/2023).

Jika benar-benar butuh kartu fisik NPWP apapun keperluannya, tinggal meluncur saja ke kantor pajak terdekat untuk kemudian dicetakkan kartu fisik NPWP yang baru. Sesampainya di sana, akan diminta isi formulir cetak ulang kartu NPWP dengan melampirkan e-KTP.

Kalau kamu menganut aliran tidak menyimpan banyak kartu di dompet, bisa menggunakan NPWP elektronik. NPWP elektronik tersedia di pajak.go.id dan M-Pajak di mana kedudukannya sama dengan kartu fisik NPWP.

“Jadi jangan bingung saat kehilangan kartu NPWP ya. Silakan pilih cara yang paling mudah,” ucap DJP.

Sumber : detik.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only