Petugas Pajak Ingatkan soal Batas Waktu Setor PPh Final UMKM

NANGA PINOH. Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh memberikan edukasi kepada wajib pajak orang pribadi UMKM terkait dengan batas waktu pembayaran PPh final UMKM pada 28 Agustus 2023.

Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh Putut Rachmanto mengatakan wajib pajak orang pribadi UMKM tidak dikenakan pajak penghasilan apabila omzetnya belum melebihi Rp500 juta dalam setahun.

“Batas penghasilan Rp500 juta merupakan batas penghasilan kotor yang didapatkan UMKM dalam satu tahun yang tidak dikenakan pajak,” katanya seperti dikutip dari situs web Ditjen Pajak (DJP), Kamis (21/9/2023).

Putut menambahkan wajib pajak orang pribadi yang memiliki omzet di atas Rp500 juta maka harus membayar PPh final UMKM setiap tanggal 15 bulan berikutnya.

“Ketika wajib pajak mendapatkan penghasilan kotor di bulan Agustus maka batas pembayaran pajaknya adalah tanggal 15 September dan seterusnya,” tuturnya.

Selanjutnya, salah satu penyuluh KP2KP Nanga Pinoh memberikan asistensi kepada wajib pajak yang memiliki omzet di atas Rp500 juta. Petugas membantu wajib pajak dalam membuat kode billing untuk melakukan pembayaran pajak.

Penyuluh berharap wajib pajak UMKM di lingkungan Kabupaten Melawi makin banyak yang dapat memenuhi kewajiban perpajakannya secara lebih baik.

Seperti diketahui, wajib pajak orang pribadi dapat menggunakan fasilitas PPh final UMKM dengan tarif 0,5% apabila peredaran bruto dari usaha wajib pajak orang pribadi kurang dari Rp4,8 miliar dalam satu tahun.

Penghasilan yang dikenakan PPh final adalah bagian dari peredaran bruto yang lebih dari Rp500 juta dalam satu tahun dan kurang dari Rp4,8 miliar.

Perhitungan peredaran bruto atau omzet ditentukan berdasarkan keseluruhan omzet dari usaha, termasuk omzet dari cabang. Selama peredaran bruto kurang dari Rp4,8 miliar dalam satu tahun maka wajib pajak orang pribadi dapat menggunakan fasilitas PPh final 0,5%.

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only