BKF Proyeksikan Belanja Pajak dari Tax Holiday Bakal Meningkat

Kementerian Keuangan memproyeksikan belanja pajak yang timbul akibat pemberian fasilitas tax holiday akan terus meningkatkan setidaknya dalam 2 tahun ke depan.

Dalam Laporan Belanja Perpajakan 2022 yang dirilis Badan Kebijakan Fiskal (BKF), nilai belanja pajak akibat pemberian tax holiday pada 2023 diperkirakan mencapai Rp6,3 triliun. Pada 2025, belanja pajak akibat tax holiday bakal naik menjadi Rp8 triliun.

“Estimasi belanja perpajakan merupakan nilai PPh ditanggung pemerintah yang dilaporkan wajib pajak pemanfaat fasilitas tax holiday pada Induk SPT Tahunan PPh Badan,” tulis BKF dalam laporannya, dikutip pada Rabu (13/12/2023).

Berbanding terbalik, belanja pajak akibat pemberian fasilitas tax allowance diperkirakan akan terus menurun. Pada 2023, belanja pajak yang timbul karena pemberian tax allowance diproyeksikan mencapai Rp443 miliar.

Pada 2025, nominal belanja pajak akibat fasilitas tax allowance diproyeksikan akan turun menjadi tinggal Rp221 miliar saja.

Selain tax holiday dan tax allowance, fasilitas-fasilitas pajak lainnya yang terkait dengan penanaman modal cenderung tidak dimanfaatkan oleh wajib pajak.

Contoh, realisasi tax holiday di KEK dan kawasan industri masih Rp0. Hingga saat ini, BKF mencatat masih belum ada pelaku usaha yang memanfaatkan tax holiday di kedua kawasan tersebut.

Pemanfaatan fasilitas tax allowance di KEK juga relatif minim. BKF mencatat saat ini sesungguhnya sudah ada wajib pajak yang telah mendapatkan fasilitas tax allowance di KEK. Namun, wajib pajak tersebut masih mencatatkan rugi fiskal.

BKF juga mencatat belanja pajak yang timbul dari pemanfaatan fasilitas supertax deduction vokasiserta supertax deduction penelitian dan pengembangan masih tergolong minim.

Belanja pajak akibat fasilitas supertax deduction vokasi diperkirakan mencapai Rp6 miliar pada tahun ini dan akan naik menjadi Rp8 miliar pada 2025.

Sementara itu, proyeksi belanja pajak yang timbul dari fasilitas supertax deduction penelitian dan pengembangan mencapai Rp1 miliar, baik pada tahun ini, tahun depan, dan 2025. (rig)

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only