Genjot Produksi Semikonduktor, Taiwan Tawarkan Insentif Pajak Ini

Guna memacu produksi semikonduktor di dalam negeri, pemerintah Taiwan menawarkan insentif pajak yang memungkinkan biaya penelitian dan pengembangan (litbang) dapat menjadi kredit pajak.

Salah satu anggota parlemen menyatakan kebijakan untuk memberikan insentif itu telah disahkan. Menurutnya, insentif tersebut bertujuan untuk memastikan Taiwan dapat memimpin manufaktur semikonduktor secara berkelanjutan.

“Kredit pajak bertujuan untuk memastikan kepemimpinan berkelanjutan Taiwan dalam manufaktur semikonduktor,” katanya seperti dilansir theregister.com, Kamis (12/1/2023).

Sebelumnya, Korea Selatan telah memperkenalkan insentif pajak yang lebih besar kepada manufaktur semikonduktor, yaitu kredit pajak atas biaya litbang sebesar 15% untuk perusahaan besar seperti Samsung Electronics dan SK Hynix. Lalu, sebanyak 25% untuk perusahaan yang berskala lebih kecil.

Seolah tak mau tertinggal, Taiwan akhirnya menawarkan insentif pajak yang mengizinkan produsen semikonduktor lokal untuk mengubah 25% dari biaya litbang tahunan menjadi kredit pajak. Langkah ini juga diharapkan menjaga produsen semikonduktor untuk tetap berada di negara tersebut.

Tak ketinggalan, pemerintah juga berupaya mendorong produsen semikonduktor berinvestasi dalam fasilitas dan teknologi baru di dalam negeri. Selain itu, produsen diharapkan dapat mengalokasikan dana tambahan untuk kegiatan litbang.

Wakil Presiden Gartner VP for Semiconductors & Electronics menyebutkan langkah pemerintah dalam memberikan insentif pajak telah menunjukkan adanya kesadaran betapa pentingnya memproduksi semikonduktor lokal.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only