SBN Private Placement untuk Penempatan Dana Tax Amnesty Terbit Lagi Bulan Ini

Bulan ini, pemerintah akan menerbitkan lagi surat utang secara private placement khusus untuk penempatan dana wajib pajak atas Program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau tax amnesty.

Rencananya surat utang tersebut akan terbit 24 Januari 2023. Sementara itu, proses penyelesaian akhir transaksi pada 27 Januari 2023.

Ada dua seri Surat Utang Negara (SUN) yang akan ditawarkan dalam rangka pelaksanaan transaksi private placement untuk periode Januari 2023.

Seri pertama new issuance, yakni FR0099, dalam mata uang rupiah yang akan jatuh tempo pada 15 Januari 2029. Surat utang ini memiliki kupon tetap (fixed rate) dan akan ditetapkan pada 19 Januari 2023.

Untuk pembayaran kupon dilakukan semi annual dengan yield atau imbal hasil sebesar 6,15% hingga 6,60%.

Sementara itu, seri kedua reopening, yakni USDFR0003 dalam mata uang dolar Amerika Serikat yang akan jatuh tempo pada 15 Januari 2032.

Untuk pembayaran kupon dilakukan semi annual dengan imbal hasil 4,55% sampai 4,95%.

Berdasarkan ketentuan dalam PMK 196/PMK.03/2021, dalam hal wajib pajak menginvestasikan harta bersih dalam Surat Berharga Negara (SBN) harus dilakukan dengan sejumlah ketentuan.

“Pertama, dilakukan melalui dealer utama  dengan cara private placement di pasar perdana dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah,” terang Ditjen Penggelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemkeu dalam situs resminya, Jumat (13/1).

Kedua, investasi dalam SBN dalam dolar AS hanya dapat dilakukan oleh wajib pajak yang mengungkapkan harta dalam valuta asing.

Ketiga, dealer utama wajib melaporkan transaksi SBN dalam rangka PPS kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Sumber : Kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only