One on One dengan WP, Petugas Pajak Beri Edukasi soal SPT Tahunan

Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Masamba memberikan edukasi pelaporan SPT Tahunan secara one on one kepada beberapa wajib pajak di sejumlah kecamatan pada 27 November 2023.

Petugas pajak dari KP2KP Masamba Arianda mengatakan wajib pajak yang dikunjungi merupakan wajib pajak yang telah masuk dalam Daftar Sasaran Penyuluh Terpilih (DSPT). Dalam kunjungan itu, petugas pajak memberikan edukasi.

“Kami melakukan edukasi perpajakan dengan memberikan penjelasan dan bimbingan secara detil kepada wajib pajak terkait dengan pelaporan SPT Tahunan dan kewajiban lain yang harus dipenuhi,” katanya dikutip dari situs web DJP, Rabu (10/1/2024).

Arianda menjelaskan penyampaian informasi dan edukasi perpajakan secara one on one dilakukan agar wajib pajak dapat memahami kewajiban perpajakannya sehingga berdampak pada perubahan perilaku wajib pajak.

“Dengan adanya perubahan perilaku tersebut, tim KP2KP Masamba berharap kepatuhan perpajakan di Kabupaten Luwu Utara meningkat,” tuturnya.

UU KUP mengatur batas akhir penyampaian SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi paling lambat 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak atau 31 Maret. Untuk SPT tahunan wajib pajak badan paling lambat 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak atau 30 April.

Wajib pajak dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan secara manual maupun online, yakni melalui e-filing atau e-form. Bagi yang baru terdaftar dan ingin melaporkan SPT Tahunan secara online, wajib pajak harus meminta electronic filing identification number (EFIN) terlebih dahulu.

Penyampaian SPT Tahunan yang terlambat akan dikenai sanksi administrasi berupa denda. Denda terlambat melaporkan SPT Tahunan pada orang pribadi adalah senilai Rp100.000, sedangkan pada wajib pajak badan Rp1 juta.

Hingga 8 Januari 2024 sore, DJP mencatat sudah terdapat 219.693 wajib pajak yang menyampaikan SPT Tahunan 2023.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only