Pajak Spa di Buleleng Turun Jadi 10 Persen, Karaoke Jadi 30 Persen

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng resmi memberikan insentif pajak atas sektor-sektor jasa hiburan yang dibebani dengan tarif pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) sebesar 40-75%.

Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan insentif PBJT atas jasa hiburan di diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa diberikan sesuai dengan Pasal 99 dan Pasal 101 PP 35/2023 untuk terus mendukung berlanjutnya pemulihan ekonomi.

“Pemulihan ekonomi khususnya dalam bidang pariwisata masih berlangsung dan menjadi dasar pemberian insentif fiskal,” kata Ketut, Selasa (23/1/2024).

Pemkab Buleleng memutuskan untuk memberikan pengurangan pengenaan PBJT sebesar 25% dari surat pemberitahuan pajak daerah (SPTPD) yang dilaporkan oleh wajib pajak pelaku usaha diskotek, karaoke, kelab malam, dan bar. Bagi wajib pajak pelaku usaha spa, pengurangan PBJT diberikan sebesar 75%.

Dengan pengurangan tersebut, wajib pajak pelaku usaha diskotek, karaoke, bar, dan kelab malam hanya berkewajiban untuk membayar PBJT atas jasa hiburan dengan tarif sebesar 30%, sedangkan wajib pajak pelaku usaha spa diwajibkan membayar PBJT sebesar 10% saja.

“Nanti semuanya akan dituangkan dalam peraturan bupati,” ujar Ketut seperti dilansir infopublik.id.

Ketut mengatakan pemberian insentif dilaksanakan sejalan dengan petunjuk yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 900.1.13.1/403-SJ.

Untuk diketahui, Kemendagri melalui SE Mendagri Nomor 900.1.13.1/403/SJ mendorong kepala daerah untuk berkomunikasi dengan pelaku usaha terkait dengan pemberian insentif fiskal dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi, utamanya bagi pelaku usaha baru pulih dari dampak pandemi Covid-19.

“Berkenaan dengan hal tersebut di atas, maka dalam pelaksanaanya agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan, tidak boleh terjadi transaksional dan menghindari adanya praktik kolusi, korupsi dan nepotisme,” bunyi SE Mendagri Nomor 900.1.13.1/403/SJ.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only