Insentif Pajak Mobil Listrik, BYD: Bukti Indonesia Serius pada Transisi Energi

Produsen mobil asal Tiongkok Build Your Dreams (BYD) menanggapi terbitnya regulasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) terhadap mobil listrik hasil produksi dalam negeri yang ditetapkan pada 12 Februari 2024. BYD menilai insentif ini bukti keseriusan Pemerintah Indonesia pada transisi energi.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

BYD menyebut masih mempelajari isi regulasi yang merupakan kelanjutan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Listrik.

“Kami sambut baik (peraturan baru Kementerian Keuangan) dan menunjukkan negara sangat serius untuk transisi energi dan masa depan green technology industry di Indonesia,” kata Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan saat ditemui di JIExpo Jakarta pada Rabu (21/2/2024).

Dia mengatakan, insentif pajak ini menjadi sinyal keseriusan pemerintah melihat perkembangan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai yang sudah bertumbuh. Ketetapan itu juga menjadi acuan bagi BYD selaku produsen dan pelaku industri otomotif di Indonesia dalam menyesuaikan model kendaraan yang akan dipasarkan di Tanah Air.

“Kita pelajari dulu peraturannya, yang jelas itu membuat kami menjadi firm secara bisnis dalam pengambilan keputusan harga. Firm artinya confident ya, yakin,” ucap Luther.

Ia menyebut BYD masih mencermati dampak peraturan terutama dari segi kewajiban yang akan dijalankan sesuai peraturan Kementerian Keuangan maupun peraturan presiden.

BYD memasuki pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan tiga model mobil listrik sekaligus pada Januari 2024, yakni BYD Seal, Atto 3, dan Dolphin. Harga ketiganya baru diungkap dalam ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yakni berkisar Rp 425 juta hingga Rp 719 juta.

Sumber: beritasatu.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only