Tidak Bayar Pajak, Kejahatan Yang Berpotensi Merugikan Negara

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, menyatakan tidak membayarkan pajak kepada pemerintah daerah setempat merupakan sebuah kejahatan yang berpotensi merugikan negara.

Hal itu diungkapkan sebelum menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama monitoring online pendapatan daerah antara 35 Kepala daerah bersama Bank Jateng di Hotel Gumaya Semarang.

Bagaimana supaya semua pendapatan pajak dari hotel, restoran, dan hiburan bisa diawasi sistemnya oleh fasilitasi bank daerah setempat. Awalnya dengan perjanjian kerjasama ini,”kata dia, Senin (1/4).

Basaria menerangkan selama ini pencatatan penerimaan pajak daerah dilakukan secara manual. Sehingga, lanjut dia, berpotensi adanya kebocoran penerimaan pajak daerah. Menurut dia, perlu adanya transparansi soal pajak tersebut.

Kalau kita bicara korupsi, harus ada transparansi. Dibuat monitoring dalam bentuk online sehingga semua orang bisa memantau dan mengevaluasi apakah benar-benar pajak tersebut sinkron dengan yang didapat,”terangnya.

Lebih jauh, Basaria menegaskan, pihaknya telah memberikan peringatan soal transparansi ini. Dia tidak ingin ke depan ada kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) berkaitan dengan hal tersebut.

Kalau tidak tahu, lebih baik bertanya, buat pelatihan. Tim kami siap untuk datang setiap saat. Daripada nanti malah kena OTT KPK, pungkas dia.

Sumber : rmoljateng.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only