Trump Tidak Mau Berjanji Soal Tarif Impor

Osaka. Upaya perdamaian Amerika Serikat (AS) dan China kembali terajut di KTT G20 Osaka, Jepang akhir pekan ini. Namun Presiden AS Donald Trump mengatakan, ia tidak menjanjikan kepada Presiden China Xi Jinping tentang penangguhan kenaikan tarif dalam perang dagang.

Trump masih tetap optimistis pembicaraan mereka, yang di rencanakan pada hari Sabtu (29/6) besok, akan menjadi produktif. Seperti diberitakan Reuters, Beijing berharap pertemuan dengan Trump akan menyelesaikan separuh pertikaian perdagangan kedua negara, karena ada tanda-tanda perlambatan ekonomi global yang membayangi pertemuan G20 ini.

China dan AS terkunci perselisihan perdagangan dan munculnya harapan akan mengurangi ketegangan kedua negara saat Trump bertemu Xi di sela-sela pertemuan G20. “Kami akan melihat apa yang terjadi dan apa yang keluar darinya,”ujar Trump kepada wartawan setelah serangkaian pertemuan dengan para pemimpin dunia. Ia menjelaskan, prioritasnya adalah mencapai kesepakatan perdagangan dua arah untuk meningkatkan ekonomi AS.

Ketika ditanya, apakah ia menjanjikan kepada Xi melakukan penangguhan pengenaan tarif baru terhadap produk China yang diimpor AS senilai US$ 300 miliar, Trump tegas menjawab tidak.

Soal penangguhan tarif baru terhadap produk China, Trump menjawab tidak.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan, pihaknya berharap pertemuan dengan AS menyelesaikan persoalan perdagangan setengah jalan dan bekerjasama memastikan pertemuan tersebut memberikan hasil positif. “Ini sesuai kepentingan kedua negara dan apa yang diharapkan masyarakat internasional,” ujarnya.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only