Sri Mulyani Bandingkan Capaian Tokopedia dengan Kementeriannya

JAKARTA – Berbicara di acara ‘Festival Transformasi 2019’, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat merasa iri melihat performa Tokopedia.

Dia mengatakan, Indonesia saat ini sudah memasuki era disrupsi digital, di mana semua hal telah beralih dari offline ke online karena semakin canggihnya teknologi.

Dia lalu membandingkan capaian Tokopedia dengan kementerian yang kembali dipimpinnya, Kementerian Keuangan.

Menurut Sri Mulyani, Tokopedia mampu menarik lebih dari 6 juta merchant hanya dalam waktu 10 tahun.

“William (William Tanuwijaya, CEO Tokopedia) dengan Tokopedia, hanya 10 tahun bisa menghasilkan 6 juta merchant,” ujar Sri Mulyani di acara yang digelar di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Sementara Kemenkeu, baru bisa mengumpulkan 45.000 wajib pajak, padahal memiliki waktu jauh lebih lama yakni 73 tahun.

“Kementerian Keuangan, selama 73 tahun, baru 45.000 pembayar pajak, padahal seharusnya bisa how track the budget ke mana rupiah dan bagaimana mereka (masyarakat) belanja,” jelas Sri Mulyani.

Iia mengimbau agar para stafnya yang berfokus pada bidang perpajakan seperti Direktorat Jenderal Pajak bisa belajar dari kesuksesan perusahaan rintisan (startup) yang mampu memanfaatkan teknologi secara optimal.

Menurutnya, pegawai Kemenkeu ini sudah saatnya mengadaptasi teknologi dalam mengejar para wajib pajak.

“Kita harus bisa memperbaiki internal Kementerian Keuangan, pasalnya, lewat pajak ini akan digunakan untuk kebutuhan bangsa untuk dilayani lebih baik,” kata Sri Mulyani.

Sumber : Tribun Bisnis

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only