Realisasi Bea Cukai Jateng DIY Hampir Capai Target

Jakarta, Kantor Bea dan Cukai Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mengumpulkan penerimaan negara sebesar Rp 28,72 triliun. Jumlah tersebut mencapai 98,28% dari target proposional sepanjang tahun ini sebesar Rp 29,2 triliun.

Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Jateng DIY M Hakim Satria menjelaskan, angka tersebut terdiri dari penerimaan bea masuk sebesar Rp 1,73 triliun atau mancapai 81,21% dari target. Selain itu, juga terdiri dari penerimaan bea keluar sebesar Rp 73,66 miliar atau mencapai 69,54% dari target. Sementara, penerimaan cukai yang sebesar Rp 26,9 triliun, setara 70,5% dari target 2019.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto menambahkan, pihaknya optimis bisa mencapai terget penerimaan tahun ini melalui berbagai upaya, termasuk joint program dengan Kantor Pajak. “Kami akan memaksimalkan waktu yang tersisa dua untuk mencapai target,” kata Tri dalam keterangan tertulis, Kamis (21/11).

Namun, masih ada kendala terkait penerimaan saat ini, terutama dari sisi bea masuk. Yaitu meningkatnya penggunaan importasi dari China yang menggunakan tarif preferensi dalam skema ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) sebesar 0% untuk sebagian besar produknya.

Sedangkan untuk cukai, terkendala dari masih belum optimalnya produksi PT Djarum sebagai penyumbang terbesar cukai rokok.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only