Target Tahun ini Sertifikasi 46.725 Tanah Negara

Jakarta, Pemerintah menargetkan sertifikasi untuk 46.725 bidang tanah milik negara hingga tiga tahun ke depan. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menuntaskan target sertifikasi pada lahan negara.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemkeu) mencatat, sepanjang 2013-2019 lalu, pemerintah telah mengeluarkan sertifikat untuk 28.197 tanah barang milik negara (BMN). Khusus tahun lalu, sertifikasi dilakukan untuk 6.787 bidang tanah negara. Angka pencapaian ini terbilang rendah dari target.

Karena itulah Kemkeu menargetkan bisa menyelesaikan sisa dari seluruh total data tanah pada tahun 2022. Adapun sisanya, mencapai 46.725 bidang tanah.

Khusus tahun ini pemerintah menargetkan bisa melakukan sertifikasi 21.500 lebih bidang tanah. “Nanti di tahun 2021 bisa bertambah, dan tahun 2022 bisa selesai semuanya,” kata Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Encep Sudarwan, Jumat (14/2).

Kemkeu bakal bekerjasama dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait. Kemkeu juga akan menyiapkan anggaran dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kredibel guna melakukan rangkaian proses sertifikasi.

“Kemarin juga baru rapat dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan membahas nota kesepahaman (MoU) tentang target-target. Kalau sudah MoU, terus dilanjutkan di daerah kantor wilayah (kanwil),” tandasnya.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only