Tidak Ubah Deadline Lapor SPT Tahunan WP Badan, Ini Komitmen DJP

Ditjen Pajak (DJP) memahami keterbatasan mobilitas karena adanya virus Corona (Covid-19) menyisakan tantangan bagi wajib pajak badan. Namun, DJP mengajak wajib pajak badan bersama dengan pemerintah dapat tantangan tersebut.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan tidak adanya perubahan tenggat penyampaian SPT tantangan wajib pajak badan menjadi tantangan bagi DJP dan juga wajib pajak. Proses kerja di perusahaan maupun DJP memang harus disesuaikan agar produktivitas tidak terganggu.

“Semoga kondisi WFH [work from home] dengan segala keterbatasan ini mampu membuat kita tetap produktif. Itu tantangan kita bersama,” katanya Senin (6/4/2020).

Hestu menuturkan otoritas memahami kendala yang dialami dunia usaha dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan karena adanya pembatasan mobilisasi sebagai efek adanya pandemi Covid-19. Tidak jarang, kondisi itu memunculkan usulan perpanjangan tenggat penyampaian SPT tahunan.

Namun, menurutnya, tantangan juga dihadapi DJP. Hestu mengatakan DJP melakukan penyesuaian dengan adanya pembatasan karena efek virus Corona. Oleh karena itu, dia ingin tantangan ini dapat dijawab bersama-sama oleh DJP dan wajib pajak badan.

“DJP tetap melaksanakan aktivitas pelayanan, edukasi/penyuluhan, pengawasan dan lainnya dengan memanfaatkan sarana yang ada selain tatap muka. Bimbingan SPT tahunan dalam bentuk kelas pajak akan dilakukan Kanwil/KPP melalui aplikasi,” jelasnya.

Adanya penyesuaian yang dilakukan oleh DJP diharapkan membantu wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Pada saat yang sama, pemerintah juga memberikan sejumlah relaksasi kebijakan atau insentif yang bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak badan terdampak virus Corona.

Seperti diberitakan sebelumnya, DJP memutuskan untuk tidak memperpanjang batas akhir pelaporan surat pemberitahuan SPT tahunan wajib pajak badan, seperti yang diberikan untuk wajib pajak orang pribadi (OP). Simak artikel ‘Ini Alasan DJP Tidak Perpanjang Deadline Lapor SPT Tahunan WP Badan’.

Otoritas mengingatkan pajak adalah sumber utama penerimaan negara. Pembayaran pajak menjadi wujud partisipasi masyarakat (wajib pajak) dalam membantu pemerintah menanggulangi penyebaran virus Corona dan membantu sesama, terutama yang paling terdampak. (kaw)

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only