Atasi Dampak Covid-19, Insentif Pajak Ini Diusulkan Permanen

Lembaga amal asal Inggris, The Child Poverty Action Group (CPAG) meminta pemerintah untuk mempertahankan kebijakan insentif pajak bagi kelompok rentan sampai dengan tahun depan.

Kepala CPAG Alison Garnham mengatakan hasil survei terbaru dari CPAG menyebutkan 9 dari 10 keluarga dengan penghasilan rendah mengalami tekanan yang lebih berat akibat pandemi Covid-19 sehingga membutuhkan dukungan pemerintah setidaknya hingga tahun depan.

“Saat ini masih jauh dari tanda-tanda pemulihan. Kami menyaksikan penurunan tajam dari keuangan keluarga dan prospek masa depan yang suram,” katanya, dikutip Senin (14/12/2020).

Garnham menuturkan pandemi telah meningkatkan potensi terjadinya pengangguran dalam jangka panjang. Keluarga dengan pendapatan rendah merupakan yang paling rentan mengalami penurunan penghasilan atau kehilangan mata pencaharian.

Untuk itu, bantuan pemerintah harus diperluas untuk kelompok keluarga dengan penghasilan rendah dan memiliki tanggungan anak. Menurutnya, terdapat dua insentif yang wajib dipertahankan bahkan diperluas manfaatnya bagi keluarga dengan penghasilan rendah di Inggris.

Pertama, bantuan sosial tunai sebesar £20 per pekan wajib dipertahankan atau bahkan ditingkatkan nilainya pada tahun fiskal 2021. Skema bantuan sosial tersebut kemudian ditambah dengan tunjangan bagi anak-anak, dan makan sekolah gratis yang diperluas kelayakannya.

Kedua, skema kredit pajak sebaiknya diberlakukan permanen bagi kelompok keluarga rentan dengan penghasilan rendah dan memiliki anak. Garnham meyakini kedua insentif tersebut akan membantu keluarga di Inggris yang terdampak Covid-19.

Untuk diketahui, skema kredit pajak merupakan bagian dari program perlindungan tenaga kerja di masa pandemi Covid-19 atau Job Retention Scheme. Program yang berlaku sampai dengan 31 Maret 2021 ini merupakan subsidi gaji lewat kebijakan pajak.

Insentif berlaku bagi pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja, tapi pemerintah tetap memberlakukan status karyawan terdampak sebagai bekerja penuh dan tidak kehilangan kredit pajak akibat pengurangan jam kerja atau kehilangan pekerjaan.

Seperti dilansir morningstaronline.co.uk, hasil survei CPAG menyatakan 90% keluarga penghasilan rendah dan memiliki anak mengalami kondisi memburuk selama pandemi ini. Separuh dari keluarga yang disurvei juga terlilit utang. (rig)

Sumber : ddtc.co.id, Senin 14 Desember 2020

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only