Harga Baja China Lebih Murah Dibanding Indonesia, Ini 3 Penyebabnya

Jakarta. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan ada tiga faktor yang menyebabkan harga baja asal China lebih murah dibandingkan Indonesia. Salah satunya masalah pajak.

Iqbal menjelaskan, faktor pertama yang membuah harga baja China murah adalah adanya subsidi secara besar-besaran oleh Pemerintah China terhadap industri baja. Sehingga membuat harga jual baja asal China lebih murah dibandingkan baja dari Indonesia.

“Kenapa demikian harga baja China bisa murah sekali? Ya karena ada subsidi besar-besaran dari pemerintahnya terhadap produk-produk industri baja mereka ya,” tegasnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Faktor kedua adalah Pemerintah China juga memberikan subsidi untuk kebijakan lingkungan. Hal ini dilakukan agar dapat menekan biaya produksi industri baja.

“Padahal di Indonesia, kebijakan lingkungan termasuk slag B-3 dan scrap tanpa impunitas harus ditanggung industri baja. Sehingga menjadi beban finansial industri dan meningkatkan biaya produksi,” jelasnya.

Terakhir, Pemerintah China dinilai lebih inisiatif untuk melahirkan berbagai regulasi yang ramah lingkungan bagi sektor industri yang berorientasi ekspor. Salah satunya melalui kebijakan pemotongan pajak ekspor atau tax rebate.

“Pemerintah China juga memberikan tax rebate. Sehingga ketika di impor maka harga baja china menjadi murah,” tutupnya.

Sumber: liputan6.com, Kamis 21 Jan 2021

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only