China Pangkas Harga BBM

Jakarta – China  memangkas harga eceran bensin dan solar mulai Sabtu 3 November 2018. Ini penurunan terbesar sejak Desember 2018.

Hal itu seperti disampaikan lembaga perencana ekonomi utama China pada Jumat 2 November 2018. Menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC), berdasarkan perubahan harga minyak internasional, harga eceran bensin dan solar akan dipotong masing-masing sebesar 375 yuan (sekitar USD 54) dan 365 yuan.

Berdasarkan mekanisme penetapan harga saat ini, bila harga minyak mental internasional berubah lebih dari 50 yuan per ton dan tetap pada tingkat itu selama 10 hari kerja, harga produk minyak sulingan seperti bensin dan solar di China akan disesuaikan. Demikian mengutip laman Antara, Sabtu (3/11/2018).

Harga minyak internasional telah jauh karena kenaikan stok minyak AS, harapan penurunan permintaan dan peningkatan pasokan oleh negara-negara produsen minyak, berdasarkan pusat pemantauan harga NDRC.

Lembaga itu prediksi harga minyak global akan terus bergejolak dalam jangka pendek. NDRC telah meminta perusahaan minyak utama China, termasuk China National Petroleum, China Petrochemical dan China National Offshore Oil untuk memastikan pasokan yang stabil dan menerapkan kebijakan harga.

NDRC akan memantau secara ketat dampak mekanisme penetapan harga saat ini dan memperbaiki untuk menanggapi fluktuasi global.

Sumber Liputan 6

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only