Waduh, Mayoritas Penunggak Pajak di Daerah Ini Adalah Kendaraan Dinas

ENDE, Ribuan kendaraan dinas milik pemerintah kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Paulus Golot, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan dan Aset Daerah Provinsi NTT wilayah Kabupaten Ende menyampaikan terdapat 1.085 kendaraan dinas pemkab Ende yang belum melunasi pajaknya.

“Namun, dari 1.828 kendaraan yang terealisasi [sudah bayar pajak] hanya 743 kendaraan bermotor,” kata Paulus dikutip, Senin (14/2/2022).

Dia mengatakan pihaknya telah melakukan pendekatan kepada pemkab Ende untuk segera melunasi tunggakan pajak mobil dinas. Hanya saja, hingga kini belum ada respons dari pihak pemerintah setempat.

Paulus menjabarkan dari total kendaraan dinas yang tercatat, sebanyak 280 merupakan mobil dan 1.548 adalah sepeda motor.

Masalahnya, kata Paulus, dari seluruh kendaraan bermotor di Kabupaten Ebde mayoritas kendaraan yang pajaknya belum dibayar adalah kendaraan dinas. Kondisi inilah yang juga menyebabkan penerimaan pajak kendaraan bermotor tidak sampai target.

Lebih lanjut, Paulus menginformasikan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Ende pada 2021 senilai Rp17,35 miliar, setara 48,51% dari target Rp35,75 miliar.

“Padahal target tahun 2021 lebih kecil dari tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya itu targetnya Rp 45 miliar lebih,” ungkap Paulus dikutip dari Pos Kupang.

Sumber: DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only