Sri Mulyani Beri Bukti Soal Kebangkitan Ekonomi RI

Jakarta – Kebangkitan ekonomi Indonesia semakin nyata. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, memberikan buktinya.

Salah satu indikator maraknya aktivitas ekonomi adalah penerimaan pajak. Sebab, pajak dibayarkan jika ada penambahan kekayaan (Pajak Penghasilan/PPh) atau transaksi Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Pajak tumbuh kuat sampai akhir April. Realisasi penerimaan pajak adalah Ro 567,69 triliun, atau 48,8% dari target APBN. Tumbuh 51,49% dari tahun lalu,” jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita edisi Mei 2022, Senin (23/5/2022).

PPh 21, yang dibayarkan oleh karyawan, tumbuh 26,3% pada empat bulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama pada 2021. Penyebabnya adalah pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri.

Kemudian PPh Badan, lanjut Sri Mulyani, melonjak 105,3%. Penyebabnya adalah penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Badan yang batasnya April.

“Kemudian karena meningkatnya profitabilitas 2021 didorong oleh peningkatan harga komoditas dan pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani.

Lalu PPN Dalam Negeri (PPN DN), tumbuh 36,6%. Penyebabnya adalah peningkatan konsumsi masyarakat selama Ramadan-Idul Fitri.

Sumber : CNBC Indonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only