Rubel Rusia dekati 62 terhadap dolar saat periode pajak dimulai

Rubel stabil dekat 62 terhadap dolar pada awal perdagangan Senin, didukung oleh kenaikan harga minyak dan dimulainya periode pajak akhir bulan yang menguntungkan, karena momok risiko geopolitik terus mengintai pasar Rusia.

Pada pukul 07.30 GMT, rubel melemah 0,1 persen terhadap dolar pada 62,15, mendekati level tertinggi satu minggu. Rubel telah kehilangan 0,2 persen untuk diperdagangkan pada 60,81 versus euro dan menguat 0,3 persen terhadap yuan menjadi 8,58.

“Periode pajak, yang secara resmi telah dimulai, secara bertahap akan mendapatkan momentum, karena volume penjualan mata uang asing oleh eksportir untuk tujuan pajak,” kata Dmitry Polevoy, kepala investasi di Locko Invest.

Perusahaan yang berfokus pada ekspor biasanya mengubah pendapatan valuta asing menjadi rubel untuk membayar kewajiban domestik, yang mendukung mata uang Rusia.

Rubel adalah mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini, didukung oleh kontrol modal dan impor yang merosot setelah pemerintah Barat memberlakukan sanksi berat terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina, sementara sejumlah perusahaan asing menghentikan operasi di negara itu.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,8 persen menjadi 92,4 dolar AS per barel.

“Indeks IMOEX tetap dalam kisaran ketat tanpa penggerak positif,” kata BCS Global Markets. “Di sisi lain, RTS akan lebih tinggi karena apresiasi rubel lebih lanjut – khas untuk periode pajak akhir bulan.”

Indeks saham Rusia lebih tinggi. Indeks RTS berdenominasi dolar naik 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 997,7 poin, sebelumnya mencapai 1.000 poin untuk pertama kalinya sejak 7 Oktober. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel menguat 0,9 persen menjadi diperdagangkan di 1.967,4 poin.

Sumber: antaranews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only