Kemdag Cium Celah Impor

Indonesia Protes Kebijakan Pemasaran Rokok Australia
August 1, 2018
Inflasi Juli Melambat, tapi Harus Waspada
August 1, 2018

JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) akan mengawasi semua celah dalam pelaksanaan pemeriksaan impor post border atau di luar wilayah kepabeanan. Mereka menduga, terdapat celah yang bisa importir manfaatkan. Makanya, tetap ada pemeriksaan kelengkapan dokumen, meski barang impor masuk lebih dulu.

“Saya tidak ingin celah ini dimanfaatkan karena barang bisa masuk walaupun persetujuan impornya belum ada,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemdag Oke Nurwan saat melakukan sosialisasi pengawasan impor post border di Jakarta, Selasa (31/7).

Menurut Oke, ada kenaikan barang impor yang masuk dalam post border. Angka kenaikannya pun sangat tinggi. Dia mencontohkan, lonjakan impor baja yang mencapai 700%. Cuma, perlu melihat lebih dahulu, apakah peningkatan impor tersebut ada hubungannya dengan pembangunan infrastruktur yang marak atau tidak.

Yang jelas, Oke mengungkapkan, Kemdag menemukan ada pengusaha yang memanfaatkan celah post border. Selama pengurusan izin impor, mereka sudah memasukkan barang hingga delapan kontainer dan menggunakannya. “Kami akan berikan sanksi pelakunya, kami peringatkan dan itu sudah kami deteksi,” tegasnya.

Sumber : Harian Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only