Jokowi Bicara Ketidakpastian Ekonomi Dunia saat Bertemu Pengusaha Kadin

Indonesia Sodorkan Platform Ekonomi Digital ke Negara G20
August 29, 2018
Target Pajak 2019 Dianggap Terlalu Ambisius
August 29, 2018

JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan ketidakpastian ekonomi dunia saat mengundang pengurus dan anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Istana Merdeka, Jakarta

Akibat ketidakpastian itu, Jokowi pernah meminta saran kepada Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tentang bagaimana agar pertumbuhan ekonomi Indonesia berlangsung baik.

“Dia (Jim Yong Kim) ngomong tidak punya saran dan semuanya sulit diprediksi. Ya artinya menurut saya internal kita sendiri yang harus kita perbaiki,” kata Jokowi di lokasi, Senin (27/8/2018).

Jokowi menilai, masalah terbesar Indonesia saat ini masih ada di defisit transaksi berjalan. Pemerintah, lanjut dia, akan memperbaiki current account defisit yang sudah lama tak tersentuh.

“Saya kira kita akan fokus ke sana, termasuk di neraca perdagangan,” ucap dia.

Selain transaksi berjalan, masalah keseimbangan primer juga harus diselesaikan. Ia pun yakin dalam satu tahun permasalahan-permasalahan ini bisa teratasi.

“Ternyata banyak hal yang belum kita lakukan kalau kita lihat secara detail misalnya transaksi berjalan. Contoh saja yang kemarin kita hitung B20 (biodisel), itu kalau bisa berjalan pertama karena harga naik dapat 6 milliar, volume naik bisa dapat 5 milliar. dari satu hal ini sudah bisa dapat 11,” jelas dia.

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only