Siap-Siap! Akhir Bulan ini RI Bakal Bertukar Data Wajib Pajak

Ada Penerimaan dari Pembayaran Pajak Baru
September 13, 2018
Ini Tujuan Ditjen Pajak Bikin Daftar Prioritas Pemeriksaan
September 13, 2018

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengaku sudah siap mengimplementasikanĀ pertukaran data nasabah untuk kepentingan perpajakan (Automatic Exchange of Information/AEoI).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan pertukaran data tersebut akan dilakukan pada akhir September 2018.

Otoritas pajak mengaku saat ini masih meneliti data-data nasabah yang diterima dari lembaga jasa keuangan domestik, sebelum diberikan kepada negara yurisdiksi mitra AEoI Indonesia.

“Kami sudah menerima data-data keuangan nasabah asing dari lembaga jasa keuangan kita, baik melalui OJK [Otoritas Jasa Keuangan] maupun yang langsung ke DJP,” kata Hestu kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (13/9/2018).

“Data itu sudah dipilah per negara yurisdiksi mitra AEoI kita. Saat ini kita sedang teliti laporan tersebut dan kita persiapkan untuk dipertukarkan dengan masing-masing negara mitra AEoI pada akhir September ini,” jelasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 102 negara telah berkomitmen untuk mengimplementasikan AEoI. Namun dari jumlah tersebut, Indonesia hanya 88 negara yang akan bertukar data dengan Indonesia.

Ke-88 negara tersebut adalah yurisdiksi asing yang memang terikat kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam perjanjian internasional yang memiliki kewajiban untuk menyampaikan informasi keuangan otomatis

Dari jumlah tersebut, ada 73 negara yang nantinya akan bertukar informasi secara resiprokal. Lantas, bagaimana 15 negara yang sisanya?

Ada 11 negara yurisdiksi yang memutuskan untuk mengirimkanĀ informasi kepada Indonesia secara non resiprokal pada September 2018, tanpa mengharapkan data apapun dari Indonesia.

Sementara empat lainnya akan bertukar informasi secara resiprokal dengan Indonesia mulai September 2019.

Sumber : cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only