Trump Siapkan Tarif Impor Produk China 10%

Pemerintah AS akan Mengumumkan Penetapan tarif impor terbaru.

WASHINGTON. Perang dagang Amerika Serikat dengan China masih belum juga kendur. malah perang dagang kedua negara ini semakin panas.

Seorang pejabat senior pemerintah AS kepada Reuters mengatakan, Presiden AS Donald Trump lemungkinan akan mengumumkan tarif impor baru atas barang dari China senilai US$ 200 miliar pada senin pagi (18/9).

Tarif Impor yang akan diterapkann tersebut mungkin akan menjadi sekitar 10%, demikian laporan Wall street Journal mengutip orang-orang yang mengetahui masalah rencana Trump ini. Namun penetapan tarif trump ini masih di bawah rencana semula sebelumnya 25%.

Sayangnya, perwakilan Gedung putih tidak menanggapi permintaan komentar soal kabar itu. konon, tarifimpor yang akan diberlakukan tersebut mencakup produk teknologi internet, barang elektronik lain, serta barang barang konsumsi termasuk makanan laut, furnitur, produk lampu, ban, bahan kimia, plastik, sepeda dan kursi mobil untuk bayi.

Pada akhir pekan lalu, juru bicara Gedung Putih Lindsat walters mengatakan, posisi Trump telah jelas bahwa dia bersama pemerintahannya akan terus mengambil tindakan untuk mengatasi praktik pedagangan china yang tidak adil. ” kami mendorong china mengatasi kekhawatiran lama yang telah dikemukan oleh AS,” ujarnya.

Trump meminta para pembantunnya di kabinet untuk melanjutkan menekan china dengan tari impor, meskipu menteri keuangan AS steve Mnuchin berupaya untuk memulai kembali pembicaraan pedagangan dengan China.

Salah satu pengamat di sektor isnis mengatakan, pemerintah AS mengurangi tingkat tarif impor dari yang direncanakan setelah mendengar komentar publik, dan mungkin berhaap perusahaan tidak akan segera menaikkan harga barang-barang konsumsi sebgagai akibat penerapan tarif impor tersebut.

Namun, tarif tambahan ini dapat mempersulit pembicaraan pedagangan dengan china yang diharapkan berlangsung akhir bulan ini. kedua menteri masing masing negara bakalan bertemu. Trump sudah menuntut agar china memangkas surplus perdagangan sebesar US$ 375 miliar dengan amerika serikat. trump juga minta china mengakhiri kebijakan yang bertujuan untuk memperoleh teknologi AS dan kekayaan intelektual serta tidak memberikan subsidi bagi industri teknologi tinggi.

pada 7 september lalu, Trump memperingatkan china, ia akan menerapkan tarif impor lebih lanjut atas produk dari china hingga senilai US$ 267 miliar.

SUMBER: Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only