Menteri PPN Dorong Institusi Keuangan Syariah Gerakkan Industri Halal

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro, menyatakan, Indonesia berpeluang menjadi pasar produk halal terbesar di dunia sekaligus menjadi produsen produk halal.

Ia mengungkapkan, Indonesia berada di posisi strategis bagi halal superhighway link dalam global halal supply chain.

Data terkini mencatat, ekspor produk halal Indonesia mengalami peningkatan sebesar 19,2 persen pada 2017, dari tahun sebelumnya yang besarnya USD 29,7 miliar.

“Apabila perkembangannya terus didorong, industri halal akan membuka peluang dan berpotensi menjadi pendorong pertumbuhan pasar keuangan syariah di masa yang akan datang,” jelas Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia ini dalam sambutannya pada Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) 2018 bertema “Mendorong Kontribusi Sektor Jasa Keuangan Syariah dalam Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat”, di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (18/09/2019) kutip laman resmi Bappenas.

Bambang menambahkan, institusi keuangan syariah dapat berkontribusi mendorong industri halal di Indonesia.

“Perusahaan dan pengusaha industri halal membutuhkan pendanaan syariah untuk menjalankan bisnisnya, sehingga ke-halal-an produk yang diproduksi memang benar-benar sesuai syariah, baik dari bahan maupun instrumen keuangannya,” terangnya.

Status halal suatu produk tidak hanya dilihat dari bahan penyusunnya, namun mencakup keseluruhan proses dalam penciptaan produk halal tersebut.

“Untuk itu, institusi keuangan syariah dapat berperan dalam menyalurkan dananya kepada pelaku bisnis dalam industri halal, agar bisnis halal di Indonesia semakin berkembang,” jelasnya dalam acara tahunan IAEI itu.

Tidak hanya industri halal, perkembangan teknologi juga memiliki potensi besar untuk melakukan ekspansi usaha dan memperluas jaringan bagi keuangan syariah.

Financial technology (Fintech) dapat menjembatani UKM dan masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses keuangan, untuk dapat lebih mudah terintegrasi dengan produk dan sistem keuangan.

Selain itu, masih terangnya, jumlah investasi aset keuangan juga dapat ditingkatkan melalui Fintech.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Fintech di Indonesia mengalami pertumbuhan positif. Laporan terakhir mencatat, produk Fintech memiliki potensi menarik 150 juta nasabah dalam sektor perbankan syariah pada 2021.

Sebagai negara dengan pasar Muslim terbesar di dunia dimana 85 persen penduduknya adalah Muslim, serta populasi pengguna internet terbesar dengan lebih dari 140 juta pada 2017, Indonesia dinilai sangat menjanjikan bagi pengembangan pasar Fintech.

Acara ini juga dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Ahmad Hidayat, Rektor Universitas Syiah Kuala Samsul Rizal, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Irwansyah, Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia Mohammad Nuh, dan Direktur Jasa Keuangan dan BUMN Bappenas Muhammad Cholifihani.*

 

Sumber : hidayatullah.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only