Siap-Siap, Ekonomi RI Bakal Naik Kelas di 2020

Legislator Dukung Kenaikan Tarif Pajak Impor
September 19, 2018
Mau Terbebas dari Pemeriksaan Pajak? Begini Caranya
September 19, 2018

Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenas menyebut perekonomian Indonesia akan naik kelas sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas. Saat ini Indonesia masih masuk dalam kategori negara berpendapatan menengah bawah atau low middle income.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, tahun depan atau paling tidak pada 2020 Indonesia akan masuk sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas. Kenaikan ini tak lepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah selama lima tahun terakhir.

“Tentunya effort yang dilakukan pemerintah sekarang inilah yang membuat Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan menengah atas,” kata Bambang di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2018.

Menurut dia, Indonesia sudah lama terjebak dalam kategori negara berpendapatan menengah ke bawah. Sudah hampir 15 tahun Indonesia tergolong dalam kategori negara berpendapatan menengah ke bawah, dengan pendapatan USD3.900 per kapita.

“Indonesia posisi hari ini masih dikategorikan negara berpendapatan menengah bawah. Kita masih ada di jebakan ini cukup lama dari 2002-2003 sampai tahun ini. Kalau tidak tahun depan paling lambat 2020 Indonesia harus naik kelas,” jelas dia.

Dirinya menambahkan, salah satu kesempatan yang harus dimanfaatkan adalah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia yang digelar di Bali. Indonesia, lanjut Bambang, bisa menjadi contoh negara yang berhasil keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah ke bawah.

“Kategori lompat kelas ini lah yang akan menjadi salah satu tema pertemuan IMF-World Bank Meeting. Karena baik IMF maupun Bank Dunia itu punya misi bagaimana sebanyak mungkin negara-negara itu kesejahteraannya membaik,” pungkas dia.

 

Sumber : metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only