IU Siapkan Mobil Mewah yang Bebas Kenaikan Pajak

Tunggakan Pajak Bumi Bangunan Capai Ratusan Miliar
September 21, 2018
Cukai Rokok untuk Tambal Defisit BPJS Kesehatan
September 21, 2018

JAKARTA – Pasca keputusan pemerintah menaikan pajak terhadap mobil mewah impor dengan mesin tertentu, importir umum Prestige Image langsung menyusun rencana startegi bisnis yang baru. Bila aturan tersebut nantinya sudah diterapkan, Prestige berencana akan menghentikan mengimpor mobil berkubikasi 3.000 ke atas.

Presiden Direktur Prestige Image Rudy Salim menyatakan, mobil impor yang nantinya didatangkan hanya yang berkubikasi 3.000cc ke bawah. Rencana tersebut sejalan dengan klasifikasi mobil yang diputuskan pemerintah.

” Porsche punya beberapa produk yang mesinnya 3.000cc ke bawah, seperti (tipe-tipe tertentu) Macan, Boxster, dan Carrera,” kata Rudy kepada Kompas.com, Kamis (6/9/2018).

Rudy belum menjabarkan lebih rinci mobil-mobil apa lagi selain Porsche yang selamat dari kenaikan pajak. Sebab ia mengaku belum menerima draft resmi terkait peraturan tersebut.

“Yang pasti kita masih wait and see,” ucap Rudy.

Kenaikan pajak mobil mewah mesin tertentu terdiri atas beberapa instrumen, meliputi kenaikan PPh menjadi 10 persen dari sebelumnya sekitar 2,5 persen sampai 7,5 persen. Selain itu bea masuk juga dipukul rata sampai 50 persen, dari sebelumnya berkisar 10 persen sampai 50 persen.

Sementara itu, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mengalamai kenaikan antara 10 persen sampai 125 persen. Namun Pajak Pertambahan Nilai (PPn) masih tetap dipertahankan di angka 10 persen.

 

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only