Sri Mulyani: Saya Terus Ngomel Selama Defisit Transaksi Berjalan Masih Lebar

Sri Mulyani Prediksi Defisit Transaksi Berjalan Belum Turun di Kuartal III-2018
September 25, 2018
Sri Mulyani Kaji Ulang Penurunan Pajak Bunga Obligasi
September 25, 2018

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan akan terus berupaya dalam menjaga defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) Indonesia. Berbagai kebijakan turut dikeluarkan untuk menekan defisit CAD yang kian melebar.

Diketahui, CAD saat ini sudah mencapai 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa defisit transaksi berjalan pada kuartal I-2018 tercatat sebesar USD 8 miliar.

“Selama CAD kita masih membesar saya tidak akan berhenti ngomel. Saya tidak akan lelah mengingatkan semuanya, saya tahu semuanya ‘Ibu, ibu ngomel lagi’,” kata Sri Mulyani dalam acara Seminar Nasional Peningkatan Ekspor di Kantornya, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut juga mengingatkan agar seluruh pejabat yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan agar tidak merasa puas dengan hasil yang sudah dicapai. Meski APBN menunjukan trend positif, namun persoalan CAD masih menjadi pekerjaan rumah.

Pressure itu akan terus saya lakukan. Karena ini kali kesekian RI mendapat tekanan pada saat pertumbuhan ekonomi tinggi yang selalu disertai dengan CAD,” ujarnya.

Oleh karena itu, persoalan CAD ini menurut Sri Mulyani dibutuhkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak Kementerian ata Lembaga terkait lainnya. “Saya ingin kita semua jauh dari puas harus mendera diri bekerja lebih baik sinergis sehingga kita bisa bahu membahu terus,” pungkasnya.

 

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only