Pemerintah Jokowi optimis 8 juta UMKM akan terhubung internet hingga 2019

BI: Aliran Modal Asing Sudah Masuk ke Indonesia
September 28, 2018
Bank DKI Konsisten Kembangkan Fitur Pembayaran Pajak Daerah
September 28, 2018

Pemerintah¬†Jokowi-JK terus mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terhubung ke jaringan internet, atau diistilahkan ‘go online’. Pemerintah menargetkan sebanyak 8 juta UMKM go online hingga tahun 2019.BERITA TERKAIT

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim dari Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary optimis bahwa target tersebut dapat tercapai. Dia mengatakan, tahun lalu tercatat 4,6 juta UMKM yang masuk ke marketplace.

“4,6 juta UMKM sudah di market place itu tahun lalu,” kata dia saat ditemui, di acara ‘UMKM go online’, di JCC,¬†Jakarta, Jumat (28/9).

Dia menambahkan, untuk tahun ini pemerintah menargetkan sekitar 2,7 juta UMKM yang akan memajang produk di marketplace. Target ini pun kemungkinan besar dapat diraih.

“Tahun ini kita gerakkan 2,635 juta kita sama-sama dengan Kementerian terkait. Insya Allah tercapai,” kata dia.

“Untuk sampai saat ini dari blibli.com saja sudah 1 juta. Blibli.com saja. Dengan (marketplace yang lain) pasti lebih banyak. Kita biasa akhir tahun baru kita share bersama dengan yang lain,” imbuhnya.

Pemerintah akan terus mendorong agar pelaku UMKM semakin banyak memasarkan produk di market place. Selain dapat meluaskan pasar dan meningkatkan pendapatan, market place dapat menjadi etalase yang tepat untuk mempromosikan produk Indonesia.

“Kenapa kita dorong? Kita mau mengajak UMKM untuk naik kelas. Bisa dua kali lipat pendapatannya. Misalnya kalau jual offline dapat 30 juta, online bisa Rp 60 juta. Kita mengajak promosi semua produk Indonesia, baik itu tenun, kriya, fashion. Bagus sekali kalau tidak kita ajak fashion dari luar yang akan masuk,” tandasnya.

Sumber merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only