Kemenperin Fokus Kembangkan Kualitas SDM

1 Oktober, Ditjen Pajak Resmikan 23 Kantor Baru
October 1, 2018
Penurunan Pajak UMKM Sukses Tingkatkan Wajib Pajak
October 1, 2018

Jakarta – Pemerintah menetapkan Roadmap Making Indonesia 4.0 sebagai strategi dalam mencapai target 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030. Faktor demografi, ditunjang dengan perkembangan insfrastuktur dan sumber daya manusia (SDM) bisa menjadi modal penting untuk melaksanakan revolusi industri generasi keempat.

“Empowering human talent adalah kunci kemajuan Indonesia. Setelah pembangunan infrastruktur kita akan melanjutkan pada pengembangan sumber daya manusia. Kita perlu menguasai bahasabahasa teknologi baru,” tegas Airlangga Hartarto, Menteri Perindustria RI dan inisiator Indonesia 4.0, pada saat Investor Gathering di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Airlangga, diperlukan sekitar 17 juta tenaga kerja melek teknologi digital pada 2030. Karenanya, pemerintah terus berusaha mensosialisasikan kepada berbagai sektor industri agar produkproduk yang dihasilkan bisa bersaing di era industri 4.0.

Beberapa kegiatan pemerintah dalam mendukung Making Indonesia 4.0 diantaranya mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan membuat platform e-commerce dan program 3-smart IKM untuk industri kecil dan menengah agar dapat menembus pasar ekspor melalui platform digital.

Sejauh ini, ada beberapa sektor industri yang memiliki potensi yang sangat cerah dengan menerapkan industri 4.0, yaitu food&beverages, chemical, textile, otomotif dan elektronik.

Sumber: koran-jakarta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only