Diduga Manipulasi Pajak, Jokowi Diminta Copot Mensos Agus Gumiwang

Rincian 8 Perusahaan yang Nikmati Bebas Pajak Sri Mulyani
October 18, 2018
Badan Anggaran DPR sepakati postur sementara APBN 2019
October 18, 2018

JAKARTA – Gerakan Rakyat Penyelamat Bangsa meminta agar Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk memecat Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita karena diduga telah melakukan pengemplangan pajak.

Tuntutan ini disampaikan dalam aksi yang dilakukan oleh GRPB di Kantor Kemensos, Rabu (17/10/2018). Menurut Koordinator Lapangan, Teddy dalam orasinya mengatakan pemerintahan Jokowi tercoreng oleh Agus Gumiwang yang diduga mengemplang pajak sebesar Rp 116 Miliar.

“Kasus ini pernah dilaporkan ke KPK, tentu ini sangat mencoreng kami minta Pak Jokowi untuk segera memecat Agus,” kata Teddy.

Dijelaskan Teddy, pengemplangan pajak ini dilakukan PT. Asiana Lintas Ciptakemang sebuah perusahaan developer perumahan elit milik Loemoengga Hoemasan Nasution, yang tak lain adalah istri Agus.

Loemoengga sebagai Direktur Utama Asiana memiliki tunggakan pajak pada 2008-2012 yang mencapai Rp. 116.094.597.396. Sampai saat ini Loemoengga disebut dia, belum melunasi tunggakan pajaknya.

“Modus ini tercium aparat pajak tetapi aparat Ditjen Pajak segan menindak perusahaan ini karena tahu pemilik perusahaan adalah Agus, yang sejak tahun 2016 sebagai Pimpinan Komisi Keuangan (IX) DPR RI Fraksi Golkar, yang jelas adalah mitra kerja Ditjen Pajak,” tegasnya

Bahkan terang Teddy, modus Agus untuk mengemplang pajak perusahaan istrinya adalah secara proaktif me-lobby Kepala Kantor Pelayanan Pajak DJP Jakarta Selatan 1, terkait tunggakan pajak PT. ALC.

“Agus meminta untuk menghapus tunggakan pajak PT. ALC. Tentu permintaan itu tidak langsung disetujui aparat DItjen Pajak karena jelas hal ini melanggar ketentuan hukum,” tutur dia.

Teddy meminta, agar skandal semacam ini tidak menjadi benalu dan penghambat pembangunan serta kinerja Presiden Jokowi.

Atas dasar itu, pihaknya meminta agar Agus G Kartasasmita dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Sosial RI. Selain itu, KPK juga harus segera usut tuntas skandal pajak sebesar Rp 116 Miliar yang patut diduga melibatkan Agus G Kartasasmita.

“Tangkap dan Adili (Mensos RI) Agus G Kartasasmita atas dugaan pengemplang pajak dan indikasi penyalahgunaan jabatan dan wewenang. Kami mendukung pemerintahan Presiden Jokowi bebas dari pengemplang pajak dan bersih dari praktik korupsi,” ucapnya.

Sumber: timesindonesia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only