Ada Hari Kecemburuan Nasional! Orang Bisa Saling Intip Pajak

Jurus Kemenperin Dukung Industri Kendaraan Listrik RI
November 7, 2018
Operator Taksi Express Cetak Rugi, Blue Bird Untung Rp 334,66 Miliar
November 7, 2018

Pernah merasa penasaran dengan penghasilan rekan kerja Anda? Tiap tanggal 1 November, warga Finlandia mendapat kesempatan untuk mengetahui penghasilan rekannya saat pemerintah mempublikasikan pendapatan kena pajak dari seluruh penduduknya.

Dijuluki ‘Hari Kecemburuan Nasional’ atau National Jealousy Day oleh surat kabar The New York Times, hari ini menjadi sebuah peristiwa yang dinantikan. Jurnalis antre di luar kantor pajak menunggu untuk menelaah ribuan halaman data yang dipublikasikan tepat pada pukul 8 pagi.

Hal ini dilakukan berkaitan dengan aturan transparansi pemerintah. Idenya adalah untuk membantu Finlandia menghindari kesenjangan antara orang kaya dan miskin, dengan memaksa majikan untuk menyeimbangkan pemberian upah.

“Kami sedang mencari celah antara orang normal dan orang kaya, apakah (kesenjangan) itu terlalu lebar?” kata Tuomo Pietilainen, seorang wartawan investigasi di surat kabar harian Helsingin Sanomat, kepada dari The New York Times dan dikutip oleh World Economic Forum.

“Ketika kami menerbitkan angka-angka itu, orang-orang yang memiliki gaji lebih rendah mulai berpikir, ‘Mengapa rekan-rekan saya mendapat lebih banyak?’ Pekerjaan kami memiliki pengaruh bahwa orang dibayar lebih tinggi.”

Penghasil uang utama tahun ini kebanyakan berasal dari perusahaan digital. Karyawan perusahaan game mobile Supercell mengisi setengah dari posisi 10 besar.

CEO Supercell Ilkka Paananen adalah orang dengan bayaran tertinggi di Finlandia pada tahun 2017, dengan 65,2 juta euro (Rp 1 triliun) dalam bentuk gaji dan keuntungan modal, sementara eksekutif Supercell lainnya berada di tempat kedua.

Pendiri dan CEO dari perusahaan rintisan transaksi fast money Bittisiirto, Alexander Hanhikoski, ada di peringkat ketiga, menurut media Finlandia, YLE.

Hanya 12 wanita masuk di daftar 100 pendapatan tertinggi. Wanita pengusaha berpenghasilan tertinggi, Ulla Riitta Sjöström, masuk pada urutan ke-28, dengan penghasilan 9 juta euro.

Pendapatan pajak naik 3,5% pada tahun 2017, dengan pemerintah pusat mengambil 46,8 miliar euro. Wajib pajak mendapatkan penghasilan kena pajak senilai 140 miliar euro.

Pekerja di Finlandia membayar salah satu tingkat pajak tertinggi di dunia. Pada tahun 2016, pajak atas penghasilan pribadi mencapai 13% dari Produk Domestik Bruto (PDB), dibandingkan dengan 1,8% di Chili, menurut data yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Tetapi sebagian besar warga Finlandia (79%) senang membayar pajak mereka, menurut survei yang dilakukan oleh Administrasi Pajak negara itu tahun lalu. Sebanyak 96% orang setuju bahwa mengumpulkan pajak itu penting untuk mempertahankan kesejahteraan negara.

Sumber: cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only