Wadah Ini Bisa Jadi Solusi Pengusaha Urus Izin Ekspor Impor

Di RI, Pakai Mobil Listrik Bisa Lebih Hemat Bahan Bakar 80%
November 7, 2018
Penerimaan Pajak Impor Hingga Oktober 2018 Tumbuh 28%
November 7, 2018

Jakarta Aktivitas ekspor dan impor di Indonesia terus meningkat. Salah satu pendorong adalah perkembangan dunia usaha di bidang jual beli online membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para importir.

Ketua Umum Go Import Community (GIC), Afree mengatakan, namun di tengah geliat aktivitas ekspor dan impor, tidak jarang para pelaku usaha harus dihadapkan pada kendala di lapangan.

‎Salah satunya yaitu kendala dalam proses perizinan akibat ketidaktahuan para pelaku usaha itu. “Karena ketidaktahuan dari para pelaku baru tentang perizinan apa saja yang harus dipenuhi,” ujar dia Jakarta, Senin (5/11/2018).

Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif membentuk GIC sebagai wadah yang dapat menjembatani para pelaku usaha untuk tahu lebih banyak dunia impor dan ekspor. Komunitas yang dibentuk pada 6 Januari 2018 ini akan mendampingi para pelaku usaha dalam mengurus izin ekspor maupun impor.

“GIC sebagai wadah untuk sukses bersama para pedagang, importir, dan eksportir di seluruh Indonesia. Para anggota tidak hanya mendapatkan jaringan dropshipper untuk distribusi. Mereka juga didampingan dalam hal mengurus perizinan untuk impor dan ekspor,” ungkap dia.

Menurut Afree, GIC telah melakukan beragam aktivitas, mulai dari membangun jaringan, mentoring, membangun brand, sehingga terbangun organisasi importir dan eksportir yang solid serta memperkuat kemitraan, mencetak wirausahawan skala nasional dan internasional.

“Komunitas ini juga bertujuan agar anggota GIC melakukan Impor dan ekspor dengan legalitas yang benar sesuai dengan ketetapan peraturan pemerintah,” jelas dia.

Ke depan, GIC berharap pemerintah untuk terus memberikan kemudahan izin di dalam ekspor sehingga para pelaku bisnis bisa terus bersaing dalam perdagangan internasional. Sebab, dibutuhkan pembinaan serta dukungan dari pemerinta bagi UKM untuk terus meningkatkan produktivitas skala internasional.

“Naiknya pajak impor, maka GIC berkewajiban membantu pemerintah untuk meningkatkan ekspor dalam negeri, sehingga UKM di Indonesia siap bersaing dalam perdagangan dunia,” tandas dia.

Sumber Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only