LSM Protes Cukai Tak Naik

Target Penerimaan Cukai Rokok Tahun 2019 Berpeluang Gagal Tercapai
November 7, 2018
Sisa Dua Bulan, Bea Cukai Harus Kumpulkan Rp 50,6 T
November 7, 2018

SEJUMLAH Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melancarkan protes kepada pemerintah terkait dengan keputusan pemerintah yang tidak menaikkan tarif cukai rokok tahun 2019. Protes tersebut, misalnya, disuarakan oleh Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT).

Komnas PT juga menuntut pemerintah mencabut penundaan kenaikan cukai tembakau. “Presiden tidak harus menunda, tapi harus menyelesaikan kebijakan,” ujar Ketua Umum Komnas PT Prijo Sidipratomo, Selasa (6/11).

Prijo justru menyarankan agar pemerintah harus meneruskan beleid kenaikan cukai rokok setiap tahun. Lagi pula, Undang Undang (UU) tentang cukai telah memberikan wewenang ke pemerintah untuk menaikkan cukai hingga 57%. Saat ini cukai rokok berada di Angka 40% sehingga masih belum efektif menekan angka perokok.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai, kcbijakan ini mencerminkan pemerintah tidak melindungi konsumen rokok ataupun calon konsumen rokok. “Ini kebijakan antiklimaks dalam kebijakan kesehatan publik,” ujarnya.

Sumber: Koran KONTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only