Sri Mulyani: Tanpa Pajak, Tak Bisa Jadi Negara Independen

Pemerintah Perlu Awasi Lebih Ketat Aplikasi dan Platform Digital Perhotelan
November 13, 2018
Menimbang Kenaikan Harga Rokok
November 13, 2018

 jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya pajak bagi pembangunan dan kelangsungan hidup suatu negara, agar bisa independen.

“Supaya Indonesia bisa berdiri tegak dan semakin besar, semakin kuat itu perlu apa? Itu perlu pajak. Tanpa pajak, negara tak punya independensi. Dari mulai SD, bahkan kalau bisa TK, SMP, SMA,” kata Ani di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, pajak yang diterapkan di Indonesia menganut asas keadilan yaitu jika pendapatan sediki, maka dikenakan pajak yang kecil. Begitu juga sebaliknya, bagi Wajib Pajak (WP) besar tentu harus membayar pajak yang lebih besar.

“Pajak itu untuk keadilan. Yang tidak punya pendapatan ya tidak dipungut pajak. Yang pendapatannya sedikit bayarnya kecil banget. Yang pendapatannya gede, bayarnya gede,” ujarnya.

Setelah dikumpulkan oleh negara, pajak tersebut akan dikembalikan untuk kepentingan rakyat dalam bentuk pembangunan fisik dan nonfisik.

“Membangun listrik, membangun jembatan, membangun rumah sakit, membangun sekolah negeri, membangun jalan tol, membangun pelabuhan, bandara, stasiun, transportasi dan beasiswa pendidikan (dan lain sebagainya),” katanya.

sumber suara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only