Tangerang Luncurkan Aplikasi Si Cepot Cetak Pembayaran Pajak Tak Usah Repot

Harga CPO tembus level terendah sejak 2015
November 16, 2018
Penghapusan denda diharapkan tingkatkan target penerimaan pajak
November 16, 2018

PAJAK Bumi dan Bangunan merupakan pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Kendala yang saat ini bayak dikeluhkan, lambat atau tidak sampainya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) ketangan wajib pajak, hal ini jadi fokus kerja Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang.

Inovasi baru diluncurkan oleh Bapenda Kabupaten Tangerang melalui Kepala Bidang PBB dan BPHTB meluncurkan Aplikasi Si Cepot.

Si Cepot merupakan Sistem Informasi Catak PBB Online Terpadu.

Aplikasi ini merupakan terobosan bagi Bapeda agar wajib pajak lebih mudah mencetak sendiri Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang PBB dan BPHTB Kabupaten Tangerang, Dwi Candra Budiman.

“Selama ini kendala kita, banyaknya wajib pajak yang mengeluh SPPT itu tidak sampai kepada mereka,” ujar Dwi, Jumat (16/11/2018).

Dalam menjalani aplikasi Si Cepot pengguna cukup memiliki akses internet dan broser saja.

Aplikasi ini dapat langsung diakses melalui sicepot.tangerangkab.go.id

“Silahkan bagi wajib pajak yang kesulitan mengenai PBB bisa akses melalui aplikasi ini,” ucapnya.

“Wajib pajak hanya mengisi kolom yang tersedia di aplikasi tersebut. Seperti identitas pemilik atau pun objek pajak,” sambung Dwi.

Subjek pajak cukup memasukan nomor induk kependudukan dan nama sesuai KTP.

Jangan lupa pula mencantumkan nomor telepon seluler dan alamat e-mail yang digunakan.

“Inovasi ini diluncurkan menjawab tantangan pelayanan di bidang Pajak Bumi dan Bangunan di era milenial di wilayah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Di tahun 2018 ada beberapa inovasi dalam pelayanan PBB antara lain cetak massal awal tahun dengan ketetatapan 3 Januari, pelayanan mobil keliling satu hari satu desa/kelurahan, aplikasi mengecek tagihan PBB melalui iPBB berbasis android dan aplikasi Si Cepot berbasis web untuk mencetak SPPT PBB secara elektronik.

“Ini semua dilakukan demi menjawab tantangan dari pemerintah dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutukan pelayanan secara cepat, mudah, aman dan terjamin tentunya tak bertele-tele,” papar Dwi.

Sumber: wartakota.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only