Demo Pajak Bahan Bakar

Jaga Ketahanan Nasional, Pemerintah Rilis Paket Kebijakan Ekonomi XVI
November 19, 2018
AS Kembali Ancam China Soal Tarif
November 19, 2018

PARIS. Ribuan massa melakukan aksi unjuk rasa di Paris pada Sabtu (18/11). Aksi massa yang memblokade jalanan di Paris ini dilakukan sebagai wujud kecaman warga atas kebijakan ekonomi Presiden Emmanuel Macron yang menaikkan pajak bahan bakar.

Seperti dikutip Reuters, puluhan orang terluka setelah para pemrotes dalam gerakan yang dijuluki “rompi kuning” turun ke jalan tol, pintu masuk terowongan tau jalan akses bandara sehingga terjadi sejumlah kecelakaan.

Kenaikan pajak bahan bakar yang lebih tinggi menyebabkan penurunan daya beli sehingga kebijakan ekonomi Macron dianggap tidak pro terhadap masyarakat kelangan bawah. Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner mengatakan, dalam aksi tersebut, setidaknya ada 227 orang mengalami luka-luka. Enam di antaranya mengalami luka serius. Dalam blokade di bagian tenggara Savoie, seorang pengemudi panik ketika para pengunjuk rasa mengepung mobilnya. Ia mempercepat mobilnnya yang akhirnya menabrak seorang demonstran perempuan hingga tewasm kata Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner. Hingga sabtu sore, sekitar 73 orang telah ditahan.

Sumber: Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only