KAI akan ajukan penghapusan PPN 10% angkutan barang ke Kemkeu

Devisa Hasil Ekspor tambang akan wajib ditempatkan di bank domestik
November 22, 2018
Ekonomi akan Stagnan Dua Tahun Berturut-Turut
November 22, 2018

JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengusulkan ke  Kementerian Keuangan (Kemkeu) untuk membebaskan pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% untuk pengangkutan barang menggunakan moda kereta api. Saat ini usulan tersebut masih dikaji dan akan ditindaklanjuti secara formal di tahun depan.

Komisaris KAI Cris Kuntadi mengatakan, rencana tersebut masih terus digodok. Sebelumnya, KAI juga telah mengajukan hal ini secara informal ke  Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

“Wakil Menkeu Mardiasmo menyatakan bisa dipertimbangkan asal sudah ada kajian yang riil dari pihak KAI maupun pemilik barangnya,” kata Cris kepada Kontan.co.id, Minggu (18/11).

Langkah berikutnya, Cris bilang, saat ini KAI  akan melakukan penjajakan lebih lanjut yang bekerjasama dengan berbagai pihak baik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Perhubungan (Kemhub) dan Kemkeu.

“Semoga tahun depan sudah ada arah yang kita harapkan. Dan kami mendorong hal ini agar angkut barang menggunakan moda KAI harganya lebih kompetitif,” jelasnya.

 

Sumber : kontan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only