Sri Mulyani Turunkan Pajak, Saham Properti Terbang

Jakarta – Harga saham properti melesat pada perdagangan pagi ini. Investor mulai menghubung-hubungkan rencana pemerintah yang akan menurunkan pajak properti mewah.

Hingga pukul 10.45 WIB, harga saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang naik 4,44% ke level Rp 1.295/saham. Volume perdagangan saham mencapai 26 juta juta saham senilai Rp 34 miliar.

Saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) naik 4,38% ke level Rp 715/saham. Volume perdagangan saham SMRA mencapai 17 juta saham senilai Rp 12 miliar.

Saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) naik 3,09% ke level Rp 1.005/saham. Volume perdagangan 11 juta saham senilai Rp 11 miliar.

Saham PT Agung Podomoro Tbk (APLN) anaik 2,7% ke level Rp 152/saham. Volume perdagangan mencapai 4 miliar saham senilai Rp 716 juta.

Terakhir harga saham PT Alam Sutera Tbk (ASRI) naik 1,92% ke level Rp 318/saham. Volume perdagangan saham mencapai 10 juta saham senilai Rp 3 miliar.

Kemarin Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan ragam insentif perpajakan yang disiapkan kementerian keuangan untuk tarik investasi. Untuk sektor properti, Sri Mulyani menyampaikan, saat ini sedang diselesaikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk rumah dan apartemen yang perkembangan terkendala karena dikenakan PPnBM yang sangat tinggi.

“Selama ini dapatkan kendala karena ada PPnBM yang sangat tinggi dengan menaikkan threshold (batas bawah)-nya dari yang tadinya Rp 20 miliar menjadi Rp 30 miliar” ucap Sri Mulyani dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu (21/11/2018).

Untuk menurunkan PPh Pasal 22 untuk rumah mewah, besaran tarif turun dari 5% menjadi 1%. “Dengan demikian kita berharap sektor konstruksi akan menjadi meningkat dari segi kegiatan usahanya,” tambah Sri Mulyani.

Objek PPh 22 sebesar 5% adalah rumah dengan harga jual atau lebih dari Rp 5 miliar atau luas bangunan lebih dari 400 meter persegi (m2) dan apartemen dengan harga jual lebih dari Rp 5 miliar atau luas bangunan di atas 150 m2.

Sedangkan PPnBM berlaku untuk rumah dan townhouse dari jenis non strata title dengan harga jual lebih dari Rp 20 miliar dan apartemen, kondominium jenis strata title dengan harga jual minimal Rp 10 miliar.

Sumber: cnbcindonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only