Menkeu Prediksi Ketidakpastian Global Mereda, namun Ekonomi Melambat

Pajak Minta Dikaji Ulang, Kode Yamaha Ingin Bermain Motor 300 cc?
December 4, 2018
Jika Terpilih Sandiaga Uno Bebaskan Pajak UMKM Digital
December 4, 2018

JAKARTA РPemerintah memprediksi, ketidakpastian ekonomi global mulai mereda pada tahun depan. Kendati demikian, bukan berarti ekonomi akan menemukan momentum terbaiknya.

“Saya memperkirakan bahwa pada tahun 2019, ketidakpastian ekonomi global mulai mereda, namun demikian pertumbuhan ekonomi akan mengalami perlambatan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati melalui akun Instagramnya, @smindrawati, Senin (3/12/2018).

Prediksi Menkeu selaras dengan Bank Indonesia (BI) dan lembaga-lembaga keuangan lainnya. Belum lama ini, BI memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 dari sebelumnya 5,1-5,5 persen.

Untuk menghadapi situasi tersebut, kata Menkeu, pemerintah akan memperkuat industri dalam negeri dengan menarik investasi. Dengan begitu, permintaan domestik tetap terjaga.

“Salah satu upaya pemerinta untuk mendukung hal tersebut adalah melalui kebijakan insentif pajak,” kata dia.

Namun, dia menegaskan, pemberian insentif pajak akan dilakukan secara hati-hati berdasarkan tata kelola yang baik. Insentif pajak akan diarahkan pada reinvestasi, sehingga bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Dalam CEO Networking di Hotel Ritz Carlton, Menkeu juga menyebut, volume perdagangan dunia saat ini cenderung stagnan, bahkan melambat. Untuk itu, sejumlah negara-negara di dunia menginisiasi reformasi terhadap Organisasi Perdagangan Dunia (WTI).

 

Sumber : inews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only