Pajak Bakal Gagal Target

MESKI kinerja penerimaan negara hingga akhir tahun diperkirakan bakal melebihi target, tapi hal itu tidak akan terjadi pada pos pajak. Penerimaan pajak masih akan dibawah target atau terjadi shortfall.

Pakar pajak yang juga Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analisys (CITA) Yustinus Prastowo pun memperkirakan, penerimaan pajak hingga akhir tahun berkisar 94%. “Shortfall sekitar Rp 80 triliun,” tutur Yustinus, Kamis (6/12).

Pakar pajak sekaligus Managing Partner Danny Darussalam Tax Center, Darussalam sependapat, prediksi optimis tis penerimaan pajak hingga akhir tahun hanya Rp 1.323 triliun atau 92,9% dari target. “Prediksi pesimis Rp 1.297 triliun,” ujar Darussalam.

Penerimaan pajak pada akhir tahun memang cenderung meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Penerimaan pajak pada Desember selalu di atas 10% dari total penerimaan pajak. Penerimaan pajak Desember 2015 sebesar 19,02%, penerimaan pajak Desember 2016 sebesar 13,07%, dan penerimaan pajak di Desember 2017 sebesar 14,13% dari total penerimaan. “Desember kali ini tidak akan ada ijon pajak, sulit mengejar hingga 95%,” terang Yustinus.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only