Terminal Barang Entikong Siap Beroperasi

Penyuap Pejabat Pajak di Ambon Segera Disidang
December 11, 2018
Korupsi Marak di Daerah, Sri Mulyani Tumpahkan Kekecewaannya: Sudah Mati Nuraninya
December 11, 2018

JAKARTA. Dalam waktu dekat terminal barang atau peti kemas di darat (dryport) di Entikong, Kalimantan Barat siap beroperasi. Entikong merupaka wilayah perbatasan Indonesia yang langsung berbatasan dengan Malaysia.

“Bangunan sudah siap, tinggal kami rapat terakhir mengenai waktu dan Standar Operasional Prosedur (SOP). SOP sudah siap, tapi masih perlu uji coba termasuk sumber daya manusia (SDM),” ungkap Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub) Budi Setiyadi, Senin (10/11).

Selain Entikong, Kemhub sejatinya juga membangun enam terminal barang di daerah perbatasan lainnya yang saat ini masih dalam proses. Misalnya di Skouw di Jayapura, Papua sudah mendapatkan lokasi pastinya, tinggal dibangun tahun depan.

Budi memastikan terminal barang ini bertaraf internasional, termasuk yang di Entikong ini. “Kegiatan ekspor dan impor nantinya tidak lewat pelabuhan namun lewat jalan darat ini. Mau masuk dari Malaysia ke Indonesia, Indonesia ke Malaysia barangnya lewat sini,” jelasnya

Untuk mengoperasikan terminal barang di Entikong ini Kemhub akan bekerjasama dengan instansi pemerintahan lain, terutama dari sisi SDM seperti Kepolisian, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham, Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, dan Badan Karantina Kementerian Pertanian.

Sumber: Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only